1. Startup

Twitter Bebas Phishing!

Pengalaman dengan phishing memang sangat tidak mengenakkan, ini terjadi pada saya sendiri. Satu kasus saya mendapatkan link 'aneh' yang ketika di klik ternyata merupakan spam, dan yang satu lagi relasi saya mendapatkan DM automatis yang tidak saya kirim lengkap dengan berbagai pesan dan link 'aneh' dan berbahaya.

Twitter kini meluncurkan layanan untuk memberikan perlindungan bagi para user terhindar dari link-link 'aneh' atau berbahaya yang bisa berakibat fatal untuk data-data pribadi user. Biasanya phishing ini akan masuk lewat DM dan email, maka kini semua link yang masuk ke Twitter, misalnya notifikasi yang masuk ke email dari Twitter yang mangandung link, akan dideteksi oleh Twitter dan mencegahnya tersebar, jika terdeteksi sebagai link berbahaya.

Nantinya link yang masuk ke DM atau email anda akan dikonversikan pada Twitter link shortener, twt.tl. Twitter juga menjelaskan bahwa sebenarnya phishing selama ini, masih bisa di deteksi oleh Twitter, tapi Twitter hanya bisa mendeteksi ketika link berbahaya ini menyebar, tapi kini dengan layanan baru ini Twiiter bisa mencegahnya sebelum link itu tersebar. Bahkan ketika bad link itu sudah tersebar dan terkirim ke notifikasi email, dan sudah ada user yang mengklik link tersebut, Twitter tetap bisa membuat user tersebut aman.

Berita ini tentu saja memberi kenyamanan baru bagi saya, dan mungkin juga user Twitter yang lain, terutama tentang masalah keamanan, karena biasanya para pelaku phishing ini bisa mengambil data pribadi seperti password akun anda, dan ini bisa berbahaya jika anda mempunyai password yang sama untuk beberapa akun lain di internet.

Pengalaman saya sendiri membukitkan bahwa user harus mengganti password secara langsung untuk mencegah dan menghentikan proses phishing ini, bahkan disarankan untuk mengganti semua password semua aplikasi yang terhubung ke Twitter, termasuk email untuk menjaga keamanan, yang tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Seperti juga yang disebutkan di blog resmi mereka, semoga saja layanan baru ini bisa membantu menjaga user sedikit lebih aman.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again