20 May 2015

by Glenn Kaonang

Twitter Bekerja Sama dengan Google untuk Sajikan Kumpulan Tweet Terkini di Hasil Pencarian

Hari Selasa (19/5/2015) kemarin, Twitter secara resmi memperkenalkan fitur baru yang merupakan hasil kerja samanya dengan Google.

Yup, tebakan kita benar, Google kini akan menampilkan tweet-tweet terkini yang relevan saat kita melakukan pencarian melalui aplikasi Google Search di iOS atau Android, serta di browsersmartphone.

Konten real-time yang berasal dari Twitter ini akan disajikan berupa card khusus yang bisa di-scroll secara horizontal. Jadi misalnya, kalau Anda mengetikkan "Taylor Swift" di kolom pencarian, maka aplikasi Google Search akan menampilkan kumpulan tweet terkini yang datang dari akun resmi sang penyanyi berambut pirang tersebut.

Contoh lain, saat memakai keyword "NASA Twitter", maka aplikasi Google Search tidak cuma menampilkan tautan ke akun Twitter resmi NASA saja, tetapi juga koleksi tweet terkininya. Saat salah satu tweet Anda tap, maka Anda akan langsung dipindahkan ke aplikasi Twitter guna berinteraksi lebih lanjut, dengan catatan app tersebut sudah terinstal di smartphone Anda.

Info menarik: Twitter Perbaharui Fitur ‘DM’, Mudahkan Komunikasi Privat

'Perkawinan' Twitter-Google Search ini juga meliputi hashtag maupun sejumlah keyword yang populer. Ketika mengetikkan judul sebuah film misalnya, Google Search akan menampilkan kumpulan tweet dari berbagai akun yang tengah membicarakan film tersebut.

Untuk sekarang, integrasi konten Twitter di dalam Google Search ini baru tersedia buat pengguna yang berdomisili di Amerika Serikat saja. Dalam beberapa bulan ke depan, Twitter dan Google berjanji menghadirkan fitur yang sama bagi pengguna di negara-negara lain, sedangkan penerapan fitur yang sama di browser versi dekstop rencananya akan datang dalam waktu dekat.