Categories

Social Media

Twitter Hadirkan Fitur Pencarian GIF untuk Diselipkan ke dalam Tweet

Koleksi GIF disortir berdasarkan kategori, dan pengguna juga bisa melakukan pencarian berdasarkan kata kunci

Glenn Kaonang - 18 February 2016

Jejaring sosial berlambang burung, Twitter, sedang gencar-gencarnya memperkenalkan fitur baru. Pekan lalu, perusahaan pimpinan CEO Jack Dorsey tersebut menerapkan sistem timeline baru yang ditenagai algoritma khusus. Kali ini, Twitter meluncurkan sebuah fitur baru dalam wujud tombol GIF.

Ya, tombol ini memang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menyematkan berbagai macam GIF ke dalam tweet-nya, membantu mereka mengekspresikan pendapat atau perasaannya secara lebih gamblang lagi dengan bantuan gambar-gambar bergerak.

Cara kerjanya cukup simpel. Kapanpun Anda hendak menuliskan tweet atau DM, Anda bisa menekan tombol ini untuk memunculkan jendela baru berisi segudang GIF yang disortir berdasarkan kategori-kategori tertentu. Anda juga bisa melakukan pencarian kata kunci tertentu, misalnya "cats" untuk menemukan koleksi GIF dengan lakon kucing.

Untuk menyediakan konten GIF sebanyak dan selengkap mungkin, Twitter telah bekerja sama dengan GIPHY dan Riffsy (developer aplikasi GIF Keyboard). Semua konten GIF yang ada berasal dari database kedua mitra tersebut.

Fitur pencarian GIF ini akan dirilis secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan pada aplikasi Twitter untuk iOS, Android serta web twitter.com. Jadi bersiaplah menjumpai timeline Anda dipenuhi oleh kucing-kucing berlagak konyol.

Sumber: Twitter Blog.

Update: Selain fitur pencarian GIF, Twitter juga menambahkan dukungan video untuk Direct Message. Pengguna kini saling bertukar video lewat DM, baik yang menggunakan Twitter di Android maupun iOS.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter