20 November 2013

by Bambang Winarso

Twitter Hapus Fitur Terima DM dari Follower Tanpa 'FolBek'

Baru bulan lalu Twitter mengumumkan fitur baru berupa terima DM tanpa harus 'folbek', di mana terdapat menu pengaturan tambahan sehingga pengguna bisa menerima DM dari follower tanpa harus mem-follow back terlebih dahulu. Tapi hari ini, TheNextWeb memberitakan bahwa fitur tersebut sudah dicopot oleh Twitter.

Sebelumnya terdapat sebuah kotak pilihan yang dapat dicentang oleh pengguna tepat di halaman pengaturan akun, apabila kotak tersebut ditandai maka pengguna dapat menerima DM dari follower mereka tanpa follow back (folbek) terlebih dahulu. Nah, fitur itu sekarang tidak lagi bisa ditemukan di menu pengaturan akun, yang artinya sekarang pengguna baru bisa mengirimkan DM jika penerima sudah melakukan folbek.

Hingga berita ini dipublikasikan belum ada konfirmasi resmi dari Twitter terkait hilangnya opsi ini, seorang penggung Twitter ID @mathewi men-tweet yang memuat respon Twitter terkait isu ini.

Respon berupa link tersebut terkesan formalitas, sulit untuk memprediksikan maksud dari pesan tersebut, namun memang ada kemungkinan hilangnya fitur baru ini disebabkan Twitter masih melakukan serangkaian ujicoba sebelum benar-benar merilis fitur ini secara global.

Sedangkan menurut sebagian orang, fitur terima DM tanpa folbek menimbulkan kekhawatiran tersendiri terkait aktifitas spam terutama imbasnya terhadap akun orang-orang penting dan selebritis. Walaupun sebenarnya solusinya cukup mudah, pengguna cukup menghilangkan tanda centang di menu tersebut maka follower pun tak bisa mengirimkan DM.

Mari berharap saja semoga hilangnya fitur ini karena sedang digodok oleh Twitter agar lebih matang dan segera rilis secara global, saya yakin banyak juga pengguna yang menyukai sistem baru ini.