17 April 2015

by Glenn Kaonang

Twitter Kini Bisa Diakses Oleh Pengguna Tanpa Akun

Meski bisa dibilang masih kalah populer dari Facebook, Twitter diakses oleh ratusan juta orang setiap bulannya – puluhan juta di antaranya saya kira berasal dari negara kita.

Yang dicari orang-orang di Twitter jelas berbeda-beda. Umumnya mereka mengakses Twitter untuk mendapatkan update berita-berita terbaru atau event yang tengah berlangsung, tapi ada pula yang sekedar ingin mencari tahu tentang celotehan-celotehan terkini dari selebriti idolanya.

Apapun yang Anda cari, Twitter baru bisa dimanfaatkan secara penuh jika Anda login dengan sebuah akun yang terdaftar. Katalog lengkap tweet yang dibagikan ke publik baru bisa Anda telusuri dengan mudah ketika Anda login ke Twitter.

Kendati demikian, ada fakta yang cukup menarik: setiap bulannya, ada jutaan orang yang mengakses Twitter tanpa login dengan akun yang terdaftar. Bukannya nyasar, mereka memang sengaja ingin menggali informasi tentang apa saja yang terjadi di sekitarnya lewat Twitter. Namun entah mengapa, mereka tidak login dengan akunnya masing-masing.

Info menarik: Twitter Curator Tawarkan Pencarian dan Pengumpulan Konten yang Lebih Efektif bagi Media Publikasi

Demi memberikan wadah yang lebih bermanfaat untuk para pengguna anonim tersebut, Twitter pun memodifikasi homepage-nya. Tak hanya disambut oleh kolom untuk mendaftar atau login akun, Anda kini juga akan menjumpai berbagai topik yang menarik, seperti Travel Guide, Space News, Cute Animals dan lain sebagainya.

Pilih satu topik, maka sebuah timeline berisikan tweet yang relevan dari sejumlah akun yang populer akan disajikan di hadapan Anda. Anda bisa menelusuri bermacam konten seperti para pengguna yang login dengan akunnya, tapi tentu saja Anda tak bisa melakukan interaksi lebih lanjut, seperti reply maupun retweet.

Homepage baru Twitter ini sekarang baru akan merambah para pengguna di Amerika Serikat yang mengaksesnya via perangkat desktop. Negara-negara lain akan menyusul seiring Twitter melakukan penyempurnaan lebih lanjut terhadap homepage barunya ini.

Sumber: Twitter Blog. Gambar header: Twitter logo on computer screen via Shutterstock.