Tingkat adopsi smartphone terus meningkat setiap harinya, akan tetapi pergerakannya tidak sebanding dengan pemerataan jaringan internet yang terbilang lamban. Alhasil, ada banyak pengguna smartphone yang harus terkendala koneksi yang lambat. Fakta ini adalah alasan utama di balik lahirnya aplikasi macam Facebook Lite dan YouTube Go.

Twitter rupanya juga tidak mau ketinggalan. Mereka baru saja memperkenalkan Twitter Lite, yang secara fungsi dan tujuan sangat mirip seperti kedua aplikasi di atas. Bedanya, Twitter Lite bisa langsung diakses dari browser ponsel atau tablet tanpa harus mengunduh apa-apa karena ia pada dasarnya merupakan situs mobile.twitter.com yang sudah didandani.

Kecepatan menjadi prioritas dalam Twitter Lite, bahkan jika pengguna hanya berada di jaringan 2G. Waktu loading-nya diklaim lebih cepat 30 persen, dan navigasi secara menyeluruh juga lebih gegas dari sebelumnya. Semua ini tanpa mengonsumsi data lebih dari 1 MB.

Twitter Lite dapat mengirim push notification meski pengguna sudah keluar dari browser / Twitter
Twitter Lite dapat mengirim push notification meski pengguna sudah keluar dari browser / Twitter

Hampir semua fitur Twitter tersedia dalam Twitter Lite. Tidak cuma Timeline, Tweet dan Direct Message saja, tapi juga Trends, Profiles, Media Uploads sampai push notification. Ya, Anda tetap bisa menerima notifikasi meski sudah keluar dari Twitter Lite, dan shortcut-nya pun juga bisa ditambahkan ke homescreen.

Lebih lanjut, Twitter Lite juga menyimpan fitur data saver. Aktifkan fitur ini, maka gambar dan video tidak akan otomatis di-load, melainkan secara manual berdasarkan pilihan Anda sendiri. Menurut Twitter, konsumsi data bisa dihemat hingga 70% dengan fitur ini.

Terakhir, seandainya koneksi Anda tiba-tiba terputus di tengah jalan, konten yang sudah di-load tetap bisa dilihat. Dan karena Twitter Lite sejatinya merupakan situs versi mobile, ia bisa dinikmati di perangkat Android dan iOS – bahkan dari komputer saja bisa. Tanpa perlu menunggu lama-lama, Twitter Lite sudah tersedia sekarang juga dan di mana pun Anda berada.

Sumber: Twitter.