1. Startup

Twitter Mulai Berlakukan Promoted Tweet di Timeline Pengguna (Updated)

Twitter mulai memberlakukan Promoted Tweet yang akan tampil langsung di timeline pengguna. Lewat blog resmi mereka, Twitter mengumumkan bahwa mereka akan mulai melakukan uji iklan yang akan tampil di timeline pengguna dengan aplikasi pihak ketiga yang menjadi partner mereka, HootSuite.

Program iklan ini merupakan kelanjutan dari berbagai program yang merupakan strategi monetisasi dari Twitter, Promoted Product, termasuk diantaranya Promoted Tweet dan Promoted Trending Topic serta Promoted Account. Jadi nantinya para pengguna HootSuite akan mulai melihat Tweet iklan dalam timeline mereka.

Sama seperti yang dilakukan pada produk Promoted Tweet yang muncul dalam hasil pencarian, Twitter akan menggunakan berbagai sinyal untuk menganalis Tweet promosi apa yang akan dimunculkan atau direkomendasikan dalam timeline pengguna, termasuk analisis yang dilakukan berdasarkan siapa saja yang di follow oleh pengguna tersebut.

Twitter akan secara 'hati-hati' memunculkan Promoted Tweet ini sehingga tetap relevan dengan pengguna serta tetap akan memperhatikan Tweet promosi tersebut agar terjaga kualitasnya bagi pengguna. Dengan kata lain, Tweet iklan yang akan muncul akan diusahakan tetap berguna dan menjadi informasi tambahan bagi pengguna tersebut.

Iklan dalam timeline memang sedikit kontroversial, pertama karena itu akan secara langsung memasuki wilayah 'pribadi' pengguna sendiri, iklan yang masuk juga akan secara otomatis muncul tanpa secara sadar diklik atau dibuka oleh pengguna seperti pada produk promosi lain yang sebelumnya telah dijalankan oleh Twitter, meskipun, Twitter menjelaskan bahwa tidak semua pengguna HootSuite akan melihat Tweet iklan ini pada timeline mereka, dan pengguna juga akan melihat iklan di timeline ini di 'tempat' yang berbeda, diatur oleh Twitter.

Di sisi lain, HootSuite kini menjalankan sistem freemium di mana pengguna bisa memilih untuk menggunakan secara gratis layanan mereka, tetapi juga menyediakan layanan berbayar bagi mereka yang ingin mendapatkan layanan lebih. Seperti yang dijelaskan di blog HootSuite, bagi pengguna akun HootSuite Pro, dan tidak ingin melihat iklan di timeline, mereka bisa melakukan pilihan opt-out dan Promoted Tweet tidak akan muncul di timeline mereka.

Setidaknya selalu ada dua sisi ketika membahas tentang iklan, mereka yang setuju dan mereka yang tidak, meski dalam prakteknya berbagai Tweet promosi atau iklan telah banyak muncul di timeline para pengguna Twitter, tetapi untuk iklan resmi yang dilakukan Twitter, ini baru yang pertama. Dan jika ini sukses, bisa jadi Twitter akan memperluas program Tweet iklan di timeline ini, tidak hanya bekerja sama dengan partner mereka tetapi juga bisa muncul di layanan Twitter sendiri.

Bagaimana pendapat Anda dengan Promoted Tweet yang muncul di timeline? Apakah Anda berbada di sisi pengguna yang setuju dan akan menikmati iklan sebagai sumber informasi tambahan atau Anda berada di sisi pengguna yang tidak menyukai iklan yang muncul di timeline Twitter Anda?

Update: Saya sendiri pengguna HootSuite dan ternyata hari ini saya sudah menemukan Promoted Tweet di timeline saya, tampilannya mirip dengan Tweet iklan dari Twitter yang lain, dengan keterangan kotak kuning penjelasan Promoted Tweet. Iklan saya dapatkan datang dari akun resmi Box.net. Promoted Tweet ini juga akan muncul ketika saya melakukan pencarian dengan konten sejenis, saya melakukan pencarian akun DropBox dan Promoted Tweet dari Box.net muncul paling atas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again