Categories

Social Media

Twitter Resmi Luncurkan Super Follow, Kreator Punya Makin Banyak Opsi Monetisasi

Super Follow memungkinkan pengguna Twitter untuk subscribe ke akun kreator yang disukai dengan membayar tarif bulanan

Glenn Kaonang - 2 September 2021

Twitter bukan lagi sebatas tempat untuk bercengkerama secara digital. Bagi para kreator, Twitter sekarang juga merupakan salah satu medium untuk mencari nafkah. Pergeseran ini ditandai oleh peluncuran resmi Super Follow, semacam fitur membership yang Twitter umumkan pertama kali pada bulan Februari lalu.

Prinsip fitur ini sederhana: pengguna bisa subscribe ke akun kreator yang disukainya dengan membayar tarif bulanan, dan itu akan menjadikan sang pengguna sebagai seorang Super Follower. Kreator kemudian bisa memublikasikan cuitan yang hanya bisa dilihat oleh para Super Follower-nya. Cuitan standarnya tetap bisa dilihat oleh para follower-nya yang tidak membayar.

Tidak semua kreator bisa menikmati fitur ini. Untuk sekarang, Super Follow baru tersedia di Amerika Serikat dan Kanada saja, dan kreator wajib mengajukan pendaftaran terlebih dulu. Kreator juga harus memiliki minimum 10.000 follower, dan mengunggah setidaknya 25 cuitan dalam sebulan terakhir.

Super Follow sejauh ini juga baru tersedia di aplikasi Twitter versi iOS, sementara versi Android dan desktop-nya dikabarkan bakal segera menyusul. Jatah untuk negara-negara selain AS dan Kanada diprediksi bakal menyusul dalam beberapa minggu ke depan.

Di dua negara tersebut, kreator bebas menentukan tarif subscription-nya berdasarkan tiga opsi yang tersedia: $3, $5, atau $10 per bulan. Twitter hanya mengambil untung 3% dari pendapatan kreator, tapi itu cuma berlaku sampai total pendapatan yang dihasilkan kreator mencapai angka $50.000. Setelahnya, Twitter akan mengambil potongan sebesar 20%.

Kabar buruknya, apabila pengguna berlangganan via aplikasi Twitter di iOS dan Android, maka uang yang diterima kreator akan dipotong lagi 30%, sesuai dengan kebijakan yang Apple dan Google terapkan perihal in-app purchase.

Menjadi seorang Super Follower sekarang berarti pengguna dapat membaca cuitan-cuitan eksklusif dari kreator. Namun ke depannya, Super Follower juga bisa mendapat akses ke Spaces maupun newsletter eksklusif.

Kreator nantinya juga dapat menawarkan tier subscription yang berbeda-beda; misalnya $3 untuk cuitan eksklusif saja, $5 untuk cuitan plus Spaces eksklusif, dan $10 untuk cuitan plus Spaces plus newsletter.

Super Follow juga bukan satu-satunya opsi monetisasi yang bisa dimanfaatkan oleh kreator di Twitter. Mei lalu, Twitter sempat menghadirkan fitur Tip Jar yang memungkinkan pengguna untuk mengirim donasi ke akun-akun tertentu yang mencakup kreator, jurnalis, maupun organisasi nirlaba. Kemudian baru-baru ini, Twitter juga merilis fitur Ticketed Spaces yang memungkinkan kreator untuk menggelar Spaces berbayar.

Sumber: TechCrunch dan Twitter. Gambar header: Alexander Shatov via Unsplash.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter