Categories

Social Media

Twitter Siapkan Semacam Fitur Membership Bernama Super Follow

Kreator/influencer/brand bisa menetapkan tarif berlangganan bagi para pengikutnya yang menginginkan konten ekstra

Glenn Kaonang - 26 February 2021

Twitter diam-diam rupanya sedang menggodok sebuah fitur baru yang sangat menarik. Dinamai Super Follow, fitur ini ibarat fitur membership yang dapat dimanfaatkan oleh para kreator atau influencer untuk mendapatkan insentif tambahan dari para penggemarnya.

Dari gambar mockup yang Twitter rilis, kita bisa melihat bahwa cara kerja Super Follow bisa dibilang mirip dengan Patreon maupun fitur membership yang ada di YouTube. Twitter mencontohkan bagaimana kita dapat membayar $5 per bulan untuk menerima sejumlah keuntungan seperti supporter badge, community access, newsletter maupun konten eksklusif dari sang kreator/influencer/brand.

Bukan tidak mungkin seandainya nanti akan ada cuitan-cuitan dari seorang influencer yang hanya bisa dilihat dan dibalas oleh para Super Follower-nya. Kemungkinan besar Twitter juga bakal mengambil beberapa persen dari tarif berlangganan yang ditetapkan masing-masing influencer, sebab Twitter sudah cukup lama dikabarkan bakal menerapkan semacam fitur berlangganan demi meraup laba ekstra.

Namun Super Follow bukan satu-satunya fitur menarik baru yang Twitter siapkan. Mereka juga mengumumkan fitur bernama Communities, yang memungkinkan pengguna untuk membuat grup atau bergabung ke grup dengan minat-minat tertentu. Sepintas, konsepnya terdengar sangat mirip dengan Facebook Group.

Kehadiran fitur Communities ini tentu bakal terasa sangat membantu, khususnya bagi para pengguna baru. Dengan bergabung ke grup-grup tertentu, mereka bisa menemukan lebih banyak tweet yang berfokus pada topik-topik yang mereka sukai. Dari perspektif sederhana, fitur ini bisa kita anggap sebagai versi lebih advanced dari hashtag.

Kedua fitur ini terkesan substansial, jadi tidak heran apabila Twitter mengumumkannya di hadapan para investornya terlebih dulu sebelum mengungkapnya ke publik. Sayangnya sejauh ini Twitter juga belum bisa memastikan kapan kedua fitur ini akan tersedia bagi pengguna secara luas. Kalau boleh menebak, Twitter akan mengujinya terlebih dulu dengan pengguna dalam jumlah terbatas, khususnya untuk fitur Super Follow.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter