Mengganti Sistem Timeline di Twitter Kini Lebih Mudah Berkat Tombol Baru

Mengganti Sistem Timeline di Twitter Kini Lebih Mudah Berkat Tombol Baru

Sudah tersedia di iOS dan akan menyusul ke Android dalam waktu dekat, tombolnya bisa langsung diakses dari tampilan utama aplikasi
Dengan mengklik icon baru di ujung kanan atas, pengguna bisa mengganti sistem timeline antara kronologis terbalik atau yang berbasis algoritma / Twitter
Dengan mengklik icon baru di ujung kanan atas, pengguna bisa mengganti sistem timeline antara kronologis terbalik atau yang berbasis algoritma / Twitter

Februari 2016, Twitter mengambil keputusan kontroversial dengan mengubah sistem timeline-nya dari yang tadinya kronologis terbalik menjadi berbasis algoritma macam yang diterapkan Facebook sejak lama. Perubahan ini menuai banyak protes, sebab mayoritas pengguna memanfaatkan Twitter sebagai sumber kabar terbaru.

Namun sekitar dua bulan lalu, Twitter dilaporkan menguji fitur baru supaya pengguna bisa mengganti sistem timeline kembali menjadi kronologis terbalik semudah mengklik satu tombol pada tampilan utamanya. Fitur tersebut akhirnya resmi diluncurkan secara global, diawali pada platform iOS terlebih dulu.

Jadi pada versi terbaru aplikasi Twitter untuk iOS, pengguna bakal melihat icon baru bergambar bintang berkelip di ujung kanan atas. Klik icon tersebut, maka yang ditampilkan pada bagian teratas timeline adalah Tweet terbaru, diikuti oleh sisanya secara kronologis terbalik.

Sebelum ini, pengguna sebenarnya sudah memiliki opsi serupa, akan tetapi aktivasinya harus melalui menu pengaturan. Dengan adanya tombol khusus di tampilan utama, mengembalikan sistem timeline Twitter ke sebagaimana mestinya jadi jauh lebih mudah, meskipun default-nya masih yang berbasis algoritma.

Update ini memang terkesan sepele, tapi setidaknya Twitter sekarang bisa menyenangkan hati dua macam penggunanya: power user yang begitu aktif setiap jamnya untuk mengikuti kabar-kabar terbaru, dan casual user yang hanya sesekali membuka Twitter.

Seperti yang saya bilang, fitur ini sudah tersedia buat pengguna perangkat iOS, sedangkan pengguna Android masih harus menunggu setidaknya sampai pergantian tahun.

Sumber: TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…