Dark
Light

Twitter Tambahkan Fitur Terkait Foto, Kini Bisa ‘Nge-Tweet’ 4 Foto Sekaligus

by
1 min read
March 27, 2014

Fitur untuk perangkat bergerak dari layanan Twitter kini bertambah lagi, yaitu yang berhubungan dengan tampilan foto.

Twitter telah mengumumkan secara resmi bahwa aplikasi iPhone dan Android milik mereka kini telah ditambahkan fitur yang menjadikan foto di Twitter lebih sosial. Dua fitur baru yang disediakan adalah photo tagging dan fasilitas untuk mem-posting tweet yang berisi 4 foto sekaligus dalam satu tweet.

Untuk yang pertama, kini Twitter memperbolehkan pengguna aplikasi mereka untuk men-tag pengguna lain (sampai dengan 10 orang) dalam satu tweet.

Jumlah tag ini tidak akan mempengaruhi jumlah karakter dalam satu tweet, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin men-tag banyak orang dan menuliskan tweet karena karakter yang tersedia masih 140. Pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi ketika di-tag, dan mengatur siapa saja yang bisa men-tag Anda, caranya dengan mengaturnya di menu Setting.

Sedangkan yang kedua adalah fasilitas untuk membagikan empat foto dalam satu tweet. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyatukan empat foto yang telah dipilih untuk ditampilkan di timeline hanya dalam satu tweet. Pengguna lain yang melihatnya bisa membuka foto secara penuh dan men-slide untuk melihat foto satu persatu.

Fitur untuk memasukan 4 foto dalam satu tweet ini disebutkan Twitter akan dirilis untuk pengguna iPhone terlebih dahulu kemudian Android serta untuk akses web lewat Twitter.com.

Twitter juga menambahkan informasi bahwa dua fitur tambahan ini juga akan ditampilkan dalam fasilitas embedded tweet. Dua fitur ini bisa Anda akses sama ketika akan membagikan tweet, tap ikon kamera dan pilih 4 foto untuk membagikan 4 foto dalam satu tweet, sedangkan untuk tagging setelah foto dipilih tap keterangan untuk men-tag pengguna lain (informasi bisa lihat foto di bagian bawah artikel).

Dua fitur ini bisa jadi membuat Twitter semakin memberi ruang untuk membagi foto tidak hanya teks, persaingan di ranah berbagi foto tentu memanas ketika Instagram dibeli Facebook. Foto juga terkadang lebih menarik untuk dilihat dibandingkan tweet yang hanya berupa teks.

Meski demikian, bisa saja tampilan atau dua fitur ini akan berbeda ketika Anda menggunakan aplikasi di luar aplikasi resmi Twitter. Seperti salah satu contoh mention teman saya yang mengomentari bahwa di layanan Tweetbot, 4 foto yang saya share hanya tampil satu saja serta link ke foto yang sama.

Fitur tagging juga tentunya mengingatkan pada salah satu fitur serupa di layanan Facebook yang telah hadir sejak lama. Fitur ini bisa agak menggangu ketika kita tidak ingin di-tag tetapi mendapatkan tag, meski kita bisa melakukan pengaturan atas hal ini.

Well, Twitter memang harus terus berkembang dan menambahkan fitur baru, layanan yang awalnya ‘sederhana’ ini kini semakin kompleks dan berkembang ke arah berbagi konten yang lebih komplit dan semakin sosial.

Pembaruan aplikasi sudah bisa didapatkan di App Store untuk iPhone dan Play Store.

Bagaimana dengan pendapat Anda, apakah dua fitur terkait foto ini akan menjadi fitur favorit baru di Twitter atau Anda justru tidak menyukainya? Share pendapat Anda di kolom komentar.

MultiUpload_FINAL_1 Phototagging_FINAL

Sumber gambar header: Twitter via Shutterstock. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Up in Flames Buatan Agate Akhirnya Mendarat di Windows Store

Next Story

XKoin Memungkinkan Anda Isi Ulang Game Credit Tanpa Perlu Memiliki Nomor XL

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas