Categories

Berita

Twitter: Tampilan Baru, Logo Baru dan Fitur Baru

Wiku Baskoro - 15 September 2010

Twitter secara resmi mengumumkan beberapa perubahan dari layanan mereka, apa saja yang berubah? Mulai dari tampilan halaman web mereka, logo mereka sampai dengan penambahan beberapa fitur baru.

Seperti yang dijelaskan Twitter pada blog resmi mereka, desain baru ini mempunyai tampilan timeline yang lebih bersih dan kaya akan detail, seperti misalnya, ketika Anda melakukan scroll ke bawah, kini Anda tidak lagi harus melakukan klik 'more' untuk melihat tweet tambahan seperti di Twitter web sebelumnya.

Lalu kini Anda bisa melihat video dan gambar secara inline di timeline, artinya Anda tidak perlu lagi membuka tab baru untuk melihat gambar atau video yang ada pada suatu tweet, fasilitas ini biasanya dimiliki oleh aplikasi yang dikembangkan pihak lain, misalnya Seesmic, yang bisa menampilkan gambar secara langsung dari suatu tweet.

Beberapa fitur lain yaitu tampilan detail informasi yang berhubungan dengan konten dari suatu tweet, serta Mini Profile yang memungkinkan pengguna untuk informasi akun seperti keterangan singkat data pengguna serta tweet yang mereka buat tanpa keluar dari halaman yang sedang dibuka.

Perubahan lain yaitu logo mereka yang kini menampilkan ikon burung disebelah kata Twitter. Twitter juga menambahkan penjelasan bahwa mereka akan memberikan preview tampilan baru serta perubahan yang terjadi pada pengguna mereka dalam beberapa minggu ke depan dimulai dari sebagian kecil pengguna terdaftar, sebelum mereka secara total menggubah tampilan Twitter versi web.

Pada tampilan preview ini Twitter akan memberikan fasilitas bagi pengguna untuk menggubah kembali tampilan web Twitter ke tampilan lama sebagai salah satu cara untuk membiasakan pengguna pada tampilan baru.

Meski saya sendiri belum bisa merasakan secara langsung perubahan ini, namun niatan Twitter untuk terus memperbaiki layanan versi web mereka, yang telah terlihat jauh-jauh hari kini semakin menjadi nyata, di satu sisi ini memberikan pengalaman yang lebih bagi pengguna, tetapi disisi lain bisa menjadi ancaman bagi pengembang, bahwa ketika tampilan dan fitur Twitter versi web semakin baik dan kaya fitur, maka para pengembang pihak ketiga tidak bisa lagi mengembangkan aplikasi yang standar dan hanya sebatas Twitter client saja, harus terus mengembangkan aplikasi yang, tidak hanya tambahan fitur yang tidak dimiliki Twitter, tetapi harus dengan konsep yang lebih luas, salah satu contoh adalah Seesmic dengan fasilitas plug-in mereka.

Berikut video yang dibuat oleh Twitter untuk menjelaskan perubahan yang mereka lakukan. Apakah dari Anda ada yang sudah mendapatkan tampilan terbaru Twitter? Bagaimana dengan pendapat Anda?

Sumber gambar TechCrunch, sumber video New Twitter.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter