Twitter Tinggalkan Foto Profil Telur

Foto profil default kini menggunakan gambar siluet manusia dengan berbagai bentuk

Twitter baru saja merilis sebuah pengumuman, di mana mereka akan mulai meninggalkan gambar profil default berupa telur untuk pengguna baru. Sebagai gantinya, mereka akan menerapkan gambar profil monokrom dengan bentuk yang beragam.

Pemilihan telur sebagai foto default profil baru telah digunakan selama 7 tahun belakangan. Twitter punya alasan mengapa memilih telur, yang dipilih tidak secara sembarangan, melainkan mengandung nilai filosofis tersendiri. Telur memiliki hubungan dengan burung yang menjadi logo dari Twitter. Karena itulah, telur dianggap sebagai perlambang profil pengguna yang belum menetas tapi siap untuk menjadi “burung” baru di keluarga besar Twitter.

Sayangnya, arti filosofis itu tidak banyak diketahui, dan banyak pengguna yang secara sengaja tetap memilih untuk menggunakan foto telur tersebut untuk membuat berbagai akun yang digunakan untuk melecehkan atau menyebarkan pesan negatif ke pengguna lain.

Pihak Twitter pun mengakui bahwa foto telur kini telah dikaitkan dengan hal negatif. Terdapat konotasi bahwa foto telur digunakan oleh para akun yang tidak bertanggung jawab untuk menutupi identitas asli mereka, sehingga mereka bisa berbuat sesuka hati.

Sekarang, foto default telur diganti dengan sebuah foto berbentuk siluet manusia dalam warna monokrom. Dalam prosesnya, Twitter merancang berbagai jenis siluet yang nantinya akan diterapkan secara otomatis tergantung pada preferensi pengguna, termasuk jenis gender. Penggunaan warna monokrom juga diharapkan akan mendorong pengguna untuk lebih mengekspresikan diri dengan memilih foto yang lebih menarik.

Sumber berita Twitter.