13 November 2013

by Bambang Winarso

Twitter Umumkan Fitur Baru 'Custom Timelines'

Melalui blog resminya, Twitter mengumumkan fitur baru bernama 'custom timelines' yang bisa disusun melalui layanan TweetDeck. Fitur ini memungkinkan pengguna  untuk membuat sebuah lini masa yang berisi tweet-tweet pilihan yang disusun secara manual.

Selain pembuatan lini masa secara manual, Twitter juga menambahkan dukungan API yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk melakukan integrasi dari berbagai platform.

Fitur customtimelines merupakan tipe lini masa baru, di mana pengguna terutama orang-orang yang suka mengumpulkan beragam informasi dapat mengelompokkan informasi tersebut, tentunya dalam bentuk tweet menjadi satu lini masa. Dengan begitu, tweet informasi yang ditampilkan akan menjadi lebih relevan, lebih tepat sasaran dan yang pastinya lebih rapi. Hal seperti ini sebelumnya sulit dilakukan di Twitter, sebagaimana kita ketahui semakin ramai follower Anda maka lini masa Anda pun akan semakin beragam dan acak.

Sayangnya fitur ini belum bisa dinikmati oleh semua orang, Twitter mengatakan bahwa fasilitas ini akan dirilis bertahap untuk semua pengguna TweetDeck dalam beberapa hari ke depan. Nah, supaya nanti tidak bingung, berikut saya berikan panduan membuat custom timelines (berhubung fitur ini belum bisa dinikmati oleh semua pengguna, langkah-langkah yang diberikan di bawah ini, didasari atas pengumuman di blog TweetDeck).

  • Yang perlu Anda lakukan pertama adalah mengklik ikon plus (+) di sisi kiri halaman TweetDeck atau tekan shortcut "A", sudah muncul seperti gambar di bawah ini kan? Oke, lanjutkan dengan mengklik menu customtimelines.

  • Sekarang di sudut kanan bawah setiap tweet ada ikon panah plus yang bisa anda tarik ke kolom sebelah kanan tempat customtimeline baru tadi.

  • Jangan khawatir mengenai urutan ataupun tweet yang Anda masukkan ke dalam custom timeline, sebab Anda dapat dengan mudah menambah, mengatur urutan atau bahkan menghapus semua tweet di kemudian hari.

  • Anda dapat juga menambahkan sebuah tweet dengan mengklik menu MoreActionsdan klik Add to custom timelines.

  • Nah sekarang bagikan custom timelines yang baru saja dibuat tadi ke akun Twitter Anda. Caranya klik ikon Option - Share dan klik View on Twitter.com.

Mudah kan? Sekarang Anda dapat membagikan custom timeline Anda ke kerabat dan teman, atau menyisipkan ke halaman blog Anda. Hanya saja untuk sementara, kita harus bersabar dulu menunggu perilisan fitur ini secara lebih luas.

Sumber berita blog/Twitter dan gambar header: Twitter via Shutterstock.