Categories

Gadget

TWS Jabra Elite 75t Diluncurkan, Dibuat untuk Pas di Lubang Kuping

Membuatnya memiliki passive noise cancelling

Dimas Galih W. - 7 February 2020

Tren mendengar musik dengan menggunakan perangkat True Wireless Stereo memang meningkat akhir-akhir ini. Hal tersebut juga ditandai dengan munculnya berbagai merek yang menawarkan TWS, baik dari pemain musik mau pun dari vendor IoT. Semua itu bakal memudahkan pengguna untuk mendengarkan musik pada kegiatan apa pun.

Salah satu yang mengeluarkan TWS adalah Jabra. Jabra selama ini dikenal dengan perangkat bluetooth handsfree untuk menerima dan melakukan panggilan suara. Ternyata, selama ini Jabra juga mengeluarkan TWS yang selain bisa untuk menjadi sebuah hands free, bisa juga untuk mendengarkan musik.

Jabra pun mengadakan acara peluncuran yang diadakan pada tanggal 5 Februari 2020 dan bertempat di M Bloc Jakarta. TWS yang diluncurkan kali ini memiliki nama Jabra Elite 75t. Lalu apa keunggulannya?

Jabra mengatakan bahwa masalah dari semua perangkat TWS adalah fit. Bentuk TWS yang pas akan membuat suara tidak akan keluar. Hal ini pun juga sering saya alami pada saat menggunakan TWS, selalu saja perangkatnya sedikit tergeser keluar sehingga suara bas akan menghilang.

Jabra Elite 75t menggunakan earbuds yang pas di telinga serta dapat menutupi keseluruhan lubangnya. Hal tersebut, menurut  Louis Sudarso, Country Sales Manager, Consumer Jabra Indonesia sudah menjadi penelitian dari Jabra yang memiliki pengalaman selama 150 tahun ini. Selain itu, Jabra Elite 75t juga memiliki empat buat microphone sehingga mampu membuat suara lebih jernih saat melakukan panggilan.

Microphone tersebut juga memiliki fungsi sebagai feature voice pass through. Hal ini akan membuat suara di sekitar akan masuk di speaker TWS ini. Hal tersebut tentu akan membuat lebih aware terhadap lingkungan sekitar.

Jabra Elite 75t juga memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Baterai pada earbuds tersebut mampu bertahan sampai 7,5 jam dan bahkan bisa sampai 28 jam dengan melakukan isi ulang melalui casing-nya. Untuk mengisi ulang casing-nya, Jabra Elite 75t menggunakan interface USB-C.

Jabra Elite 75t dijual dengan harga Rp. 2,59 juta. Untuk pre-order dapat dilakukan pada toko online Blibli. Perangkat ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Gold Beige dan Titanium Black.

 

Memang benar-benar Fit!

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, masalah pada saat pengujian sebuah TWS memang terletak pada kenyamanannya. Sebuah TWS yang tidak pas menutupi kuping, memang akan kehilangan kualitas suaranya, terutama pada sisi bas. Jabra Elite 75t ternyata tidak memiliki masalah ini.

Jabra Elite 75t memang menggunakan karet pada earbuds yang menutupi lubang kuping. Hasilnya, seluruh suara yang dihasilkan oleh driver tidak akan keluar dan masuk ke gendang telinga kita. Hal ini tentu saja tidak akan membuat suaranya menjadi lebih buruk.

Lalu bagaimana dengan kualitas suaranya? Saat mendengarkan musik-musik kesukaan saya, suara yang dihasilkan memang bukan yang terbaik pada kelas harga tersebut. Entah apakah perangkat ini membutuhkan sesi burn-in  yang lebih lama lagi atau hal lainnya, suaranya tidak terlalu jernih.

Bas yang dihasilkan juga kurang "nendang". Selain itu, suara penyanyi juga terdengar lebih dominan dari musiknya. Sayang memang, waktu yang diberikan tidak terlalu lama sehingga belum bisa mendengarkan beberapa lagu lainnya.

Hal lain yang sering digunakan oleh orang Indonesia saat memakai TWS adalah bermain game. Tentunya, game FPS seperti Call of Duty Mobile saya coba pada saat sesi experience. Dan tepat seperti dugaan saya, TWS yang menggunakan cip dari Qualcomm ini masih memiliki delay. Jadi, TWS ini kurang cocok untuk game-game first person shooter.

Saya berharap Jabra segera mengirimkan TWS ini ke meja pengujian DailySocial. Jadi, saya bisa melakukan pengujian lebih lanjut pada Elite 75t ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter