30 April 2014

by Yoga Wisesa

Type–Hover–Swipe, Keyboard Eksperimen dengan Motion Sensor dari Microsoft

Walaupun kita sudah menyaksikan berbagai kecanggihan teknologi motion sensor dan layar sentuh, ada beberapa alasan mengapa fungsi keyboard tak dapat tergantikan: sangat akurat, user bisa mengkustomisasinya, dan menawarkan produktivitas kerja tinggi. Mencoba menggabungkan teknologi gesture dan fungsi tradisional keyboard, Microsoft pamerkan Type–Hover–Swipe mereka.

Type–Hover–Swipe ialah sebuah keyboard eksperimental Microsoft yang menggabungkan beberapa hal. Ini merupakan keyboard mekanik yang bisa membaca sentuhan pengguna pada tuts, dipadu dengan sensor gerakan. Untuk fitur gesture-nya sendiri Type–Hover–Swipe memiliki rangkaian sensor inframerah yang diposisikan pada celah di antara tombol.

 

Info menarik: Dengan Kamera Lytro Illium, Anda Bisa Mengatur Fokus Bahkan Setelah Foto Diabadikan

 

Rangkaian sensor dalam keyboard tersebut hanya menggunakan resolusi yang rendah, dengan 64 pixel. Namun dengan begitu, dapat merespon dengan cepat dan cukup akurat untuk membaca perintah yang pengguna buat. Seluruh teknologi yang dibundel Microsoft dalam Type–Hover–Swipe memungkinkan Anda menavigasi dengan berbagai cara.

Yang pertama, seperti keyboard mekanik pada umumnya, Type–Hover–Swipe bisa Anda gunakan utnuk mengetik dokumen. Tapi hal selanjutnya lebih unik: jika Anda ingin menggeser ke bagian atas (atau bawah) dokumen, Anda hanya perlu melakukan gesture dengan tangan kiri di atas keyboard dengan gerakan menarik - tidak perlu memindahkan tangan ke mouse atau touchpad. Sangat praktis dan simpel jika Anda menggunakannya untuk bekerja.

Selain itu, seluruh penampang keyboard Type–Hover–Swipe juga bisa dimanfaatkan sebagai touchpad. Ia bahkan bisa membaca gerakan 'mencubit' seperti dalam perangkat mobile dengan layar sentuh, untuk zoom-in dan zoom-out.

Microsoft juga menerangkan bagaimana keyboard tersebut dapat membaca tinggi objek yang berada di atasnya, dan merespon baik input dinamis maupun statis.

Lalu bagaimana untuk navigasi fungsi hiburan, seperti untuk bermain game misalnya? Dengan kemampuannya mendeteksi tinggi objek, itu berarti Type–Hover–Swipe dapat mengubahnya menjadi input data. Hasilnya, Anda bisa bermain game balap mobil sembari menggenggam kemudi virtual di atas keyboard.

 

Info menarik: Start Menu ‘Sejati’ Akan Kembali Hadir di Windows 8 Bulan Agustus Nanti

 

Microsoft mengaku bahwa mereka masih terus menyempurnakan kemampuan Type–Hover–Swipe dan memperluas algoritma keyboard ini agar dapat mempelajari gerakan pengguna dengan lebih cerdas. Sejauh ini, Type–Hover–Swipe dapat belajar berdasarkan riwayat dan kebiasaan penggunaannya.

Microsoft sama sekali belum menyebutkan kapan Type–Hover–Swipe masuk ke tahap produksi, hingga kini mereka masih terus memoles agar kontrol gesture-nya semakin akurat. Kemampuan yang dimiliki Type–Hover–Swipe ini akan sangat meningkatkan produktivitas kerja para penggunanya.

Dengan penampilan yang mungil ini, tidak aneh jika Type–Hover–Swipe akan dimanfaatkan sebagai keyboard notebook Microsoft dalam waktu yang akan datang. Silakan saksikan bagaimana keyboard ini beraksi dalam video di bawah.

Via: Engadget. Sumber: Microsoft.com.