7 April 2015

by Glenn Kaonang

Ubah iPhone 6 Anda Menjadi Game Boy dengan Hyperkin Smart Boy

Penggemar Nintendo Game Boy, bersoraklah. Koleksi game cartridge lawas Anda sepertinya tidak hanya akan menjadi harta karun yang tak ternilai harganya.

Bukan, bukannya Nintendo akan merilis ulang Game Boy klasik, melainkan Anda akan bisa mengubah iPhone 6 atau iPhone 6 Plus Anda menjadi sebuah Game Boy yang fungsional, lengkap dengan slot khusus untuk menjejalkan game cartridge ikoniknya.

Berwujud casing iPhone 6 dan iPhone 6 Plus – versi smartphone lainnya akan menyusul – Smart Boy dibekali tombol D-pad, dua tombol action, tombol start dan select, serta baterai internal yang diyakini bisa beroperasi hingga lima jam.

Di belakangnya, Anda akan menjumpai slotgame cartridge yang kompatibel dengan milik Game Boy orisinil maupun Game Boy Color. Casing ini akan menutupi separuh layar smartphone, dimana tombol-tombolnya akan menggantikan input sentuhan pada layar.

Info menarik: Casing Unik Ini Bisa Ubah Smartphone Jadi Miniatur Mobil Batman

Hyperkin Smart Boy memang masih berupa konsep, dan produk ini mungkin lebih cocok dianggap sebagai candaan April Mop. Memang itu tujuan awalnya, namun pihak pengembangnya justru memanfaatkan momen tersebut untuk menilai ketertarikan konsumen akan produk serupa.

Jika Smart Boy benar-benar terealisasi, maka emulator bukan lagi satu-satunya opsi untuk bernostalgia dengan handheld console 8-bit ini. Dengan Smart Boy, tombol-tombol virtual pada layar akan digantikan dengan tombol-tombol fisik yang taktil dan lebih nyaman dinavigasikan. Meski tentunya harus ditunggu juga game apa yang bisa dimainkan dengan casing ini nantinya. Apakah game 'standar' yang ada di App Store atau game yang juga terdapat di Game Boy.

Sejauh ini belum ada informasi harga maupun jadwal rilis dari Hyperkin Smart Boy. Selagi menunggu proses pengembangannya, kita bisa manfaatkan waktu untuk membersihkan debu yang menyelimuti koleksi game cartridge Game Boy pribadi kita.

Sumber: Hyperkin (Facebook) dan The Escapist.