21 April 2014

by Yoga Wisesa

Ubah iPhone Anda Menjadi GameBoy dengan G-pad

Betapapun populernya mobile game, layar sentuh bukanlah sistem kontrol yang optimal untuk bermain game - terutama permainan yang membutuhkan kelincahan jari.

Jawaban dari masalah tersebut mungkin akan mengagetkan karena bukan hanya inovatif, idenya juga sangat sederhana. Dirintis oleh desainer Aws Jan asal Inggris, proyek G-pad diluncurkan di situs crowdfundingIndieGogo.

Tidak sedikit dari pengguna iDevice yang gemar menikmati berbagai judul permainan klasik GameBoy Advance dengan memanfaatkan GBA4iOS. Namun mereka selalu terbentur satu penghalang besar: layar sentuh device Apple tidak seintuitif tombol analog pada console handheld Nintendo tersebut.

 

Info menarik: Menguak Rahasia Game Populer (dan yang Tidak Populer) di Steam

 

G-Pad pada dasarnya hanyalah aksesori tambahan berupa 'strap' karet yang melapisi bagian controller pada user interface BGA4iOS. Dibuat dari bahan silikon dengan bobot yang ringan, G-pad memiliki tekstur lembut anti-slip. Sang desainer mengklaim aksesori ini memastikan Anda tetap nyaman saat menggunakan iPhone untuk ber-gaming selama berjam-jam.

Ide pembuatan G-pad terlahir saat Jan melihat putranya kalah terus menerus saat bemain game Nintendo GameBoy Advance karena tombol kontrol di layar sentuh iPhone yang datar. Dari sana ia mencoba merancang G-pad dan menciptakan berbagai model prototype dengan bantuan printer 3D. Setelah menciptakan beberapa lusin varian, akhirnya Jan puas dengan desain terbaru G-pad.

Cara menggunakannya sangat mudah, browse dan pilih game yang Anda ingin mainkan via aplikasi GBA4iOS. Kemudian pasangkan G-pad ke iDevice Anda dari bawah mengikuti layout interface kontrol yang ada di app tersebut. Dengan G-pad terpasang, pengguna akhirnya bisa 'merebahkan' jari mereka saat bermain game di layar sentuh, dengan presisi bak kontrol analog sejati.

Satu hal kecil yang cukup dikagumi adalah kombinasi material silikon dan desain G-pad yang tipis. Tentu layar akan menyala saat Anda sedang memainkan permainan di device Apple, karena bahan G-pad yang tipis, produk ini tidak akan sulit ditembus cahaya. Dan hal tersebut akan memudahkan pengguna untuk menggunakan akesori ini bahkan untuk bermain dalam gelap sekalipun.

 

Info menarik: Agent 47 Mendarat di Device Mobile Bersama Game Hitman GO

 

Jika target stretch atau target kampanye pendanaan publik mencapai US$ 16.000, maka backer kampanye crowdfunding milik Aws Jan bisa memilih dua dari enam pilihan warna yang rencananya akan tersedia: merah, jingga, biru, hijau, abu-abu dan pink.

Uang yang ia kumpulkan nanti akan digunakan untuk proses produksi G-pad di Cina. Jan telah menggunakan modalnya sendiri untuk membuat model purwarupanya.

Perusahaan yang akan bertanggung jawab dalam proses tersebut sudah memenangkan dua penghargaan berskala internasional berkat kualitas yang mereka berikan, Red Dot Good Design Award dan IF Design Award. Kualitas seperti ini yang menjadi kunci sukses tidaknya aksesori seperti G-pad.

G-pad akan tersedia untuk perangkat iPhone 5, 5C dan 5S, serta iPod Touch generasi kelima dan iPad Mini. Semoga saja sang desainer juga bekerja sama dengan developer BGA4iOS agar update interface selanjutnya tidak merusak desain aksesori yang sudah susah-susah dibuat oleh Jan ini.

Di bawah ini video demo G-pad.