Categories

Gadget

Ubah Kamera Biasa Menjadi Kamera 3D Dengan Kula

Yoga Wisesa - 27 October 2014

Memanfaatkan dua lensa dengan frame terpisah, kamera 3D memberikan penggunanya kemampuan mengambil gambar dalam bidang tiga dimensi. Semakin jauh jarak antara dua objek, maka efeknya akan kian terasa. Kini ada berita baik untuk para pemilik kamera biasa ataupun SLR, Anda bisa mengubahnya menjadi kamera 3D melalui sebuah aksesoris.

"Kami percaya ketika Anda mengabadikan momen dalam tiga dimensi, Anda akan sadar betapa menakjubkannya fotografi 3D," jelas tim pengembang Kula di website crowdfunding Kickstarter. Kula merupakan aksesoris unik yang mampu mentransformasi kamera biasa menjadi kamera stereo. Hebatnya lagi, device ini tak hanya terpatok pada satu model kamera saja.

Kula menyajikan dua pilihan: Kula Bebe untuk kamera smartphone, dan Kula Deeper untuk kamera DSLR. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal pasang di ujung lensa, lalu mulai ambil gambar. Hasilnya bisa langsung dilihat dari kamera dengan Kula Stereo Viewer. Tim juga telah menyiapkan software Kulacode untuk mengubah gambar still dan video ke format yang didukungnya.

Kula Bebe tak jauh berbeda, ia duduk tepat di depan lensa smartphone. Setelah tersemat, Anda dapat segera mengambil foto. Gambar-gambar still tersebut dapat dilihat melalui app pelengkap, contohnya CinemaBox. Sebagai alternatifnya, silakan pakai Wigglegram untuk mengonversi file ke format gif.

 

Info menarik: Poppy Melengkapi iPhone Anda Dengan Kemampuan Kamera 3D

 

Baik Kula Deeper dan Kula Bebe menggunakan serangkaian cermin berpresisi tinggi, yang merekam dua gambar dari perspektif berbeda. Jadi setelah menjepret foto, Anda akan melihat dua gambar hampir mirip muncul bersebelahan. Ketika dikombinasi, image-image tersebut mampu menciptakan efek tiga dimensi. Di sisi software-nya, Kulacode bertugas memproses algoritma, memperbaiki foto serta mengekspornya ke format 3D lain.

Varian DSLR-nya dapat ditambatkan ke berbagai lensa berdiameter 77 milimeter. Andaikan ukuran lensa Anda lebih kecil, tim Kula sudah menyiapkan ring adaptor untuk 52, 62, 67 dan 72mm. Bagaimana dengan Kula Bebe? Ia dibundel bersama attachment, saat ini kompatibel dengan iPhone 4S, 5S, 6, 6 Plus, iPad mini dan Air, Galaxy S4, S5, Note 3 hingga Nexus 5.

Ide aksesoris unik ini diujungtombaki oleh seorang ahli elektronik asal Islandia bernama Íris Ólafsdóttir dibantu rekan-rekannya. Kula mengklaim teknik cermin yang mereka usung mempunyai level akurasi sekitar 94 persen, sehingga gambar terlihat sangat tajam.

Di situs Kickstarter, Kula Bebe ditawarkan seharga mulai dari kr205 DKK (US$ 35) dan Kula Deeper dibanderol kr574 DKK (US$ 98).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter