Salah satu fitur andalan iPhone 6S dan 6S Plus selain 3D Touch adalah Live Photos. Fitur ini pada dasarnya memungkinkan kamera untuk menangkap video pendek setiap kali pengguna mengambil foto sehingga foto pun tampak ‘hidup’.

Namun sayang format Live Photos ini hanya bisa dinikmati dari perangkat buatan Apple saja. Ketika pengguna hendak membagikannya ke teman atau keluarga yang menggunakan perangkat Android, hasilnya pun hanyalah foto biasa.

Beruntung Google punya solusi berupa aplikasi Motion Stills untuk iPhone. Aplikasi ini sejatinya akan mengubah Live Photos menjadi format GIF yang lebih universal. Tak cuma itu, Motion Stills juga menerapkan fitur stabilization sehingga hasil konversi pun tampak jauh lebih mulus.

Lebih lanjut, Motion Stills juga bisa mengubah Live Photos menjadi looping GIF, alias yang diputar berulang kali. Agar hasil konversinya sempurna, Motion Stills harus lebih dulu memisahkan background dengan bagian lainnya. Sesudahnya, background akan ‘dibekukan’ dan sisanya tetap bergerak seperti biasa, membuat hasil keseluruhannya tampak mulus meski diputar berulang-ulang.

Hasil konversi GIF yang dilakukan Motion Stills tampak lebih stabil dan mulus daripada aslinya / Google
Hasil konversi GIF yang dilakukan Motion Stills tampak lebih stabil dan mulus daripada aslinya / Google

Algoritma yang diusung Motion Stills akan mengenali bagian awal dan akhir yang tepat, lalu membuang bagian yang tidak diperlukan, seperti misalnya ketika iPhone masih merekam saat tengah dimasukkan kembali ke dalam saku.

Pengguna pun juga bisa menggabungkan sejumlah Live Photos menjadi satu video, lengkap dengan audionya. Semua ini bisa berfungsi tanpa koneksi internet sama sekali, barulah kemudian pengguna bisa membagikannya ke media sosial maupun aplikasi pesan instan.

Jika Anda menggunakan iPhone 6S atau 6S Plus dan mempunyai banyak koleksi Live Photos, silakan unduh Motion Stills dari App Store secara cuma-cuma untuk mengubahnya menjadi Gif yang apik.

Sumber: Google Research Blog.