Categories

Berita

Uber Indonesia Luncurkan 3 Fitur Kemudahan untuk Mitra Pengemudi

Ketiga fitur baru ini bisa dinikmati oleh mitra yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali

Marsya Nabila - 18 August 2016

Untuk memperlancar mobilitas dan fleksibiltas mitra pengemudi, Uber Indonesia meluncurkan tiga fitur baru, yaitu Driver Destinations, Forward Dispatch, dan Venues. Pihak Uber Indonesia menerangkan mitra pengemudi adalah sumber inspirasi perusahaan dalam menciptakan fitur baru tersebut. Diharapkan fitur ini dapat memberi manfaat lebih bagi mereka.

Driver Destinations

Sebelumnya fitur ini sudah digunakan di Amerika dan belahan dunia lainnya. Kini sudah tersedia di Indonesia untuk pengemudi roda dua dan empat di Jakarta. Dengan fitur tersebut, mitra dapat menyesuaikan waktu mengemudi dengan rutinitas mereka. Ambil contoh, jika mitra pergi ke kantor pagi hari dan pulang ke rumah pada malam harinya, Uber hanya akan memberikan pemesanan perjalanan yang searah dengan tujuan pulang mereka.

Semua pemesanan perjalanan Uber yang biasanya diterima oleh Pengemudi (uberX, uberBLACK, dan uberPOOL) bisa diterima asalkan rutenya searah dengan tujuan pengemudi.

"Kini, mendapatkan penghasilan tambahan dalam perjalanan ke kantor atau ke kampus dan ke rumah jadi semakin mudah," ujar manajemen Uber Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima DailySocial, Kamis (18/6).

Driver Destination dapat digunakan dengan tiga langkah sederhana. Pertama, buka aplikasi Uber dan klik di ikon clipboard di pojok atas untuk menentukan alamat tujuan. Kedua, pilih dari alamat yang pernah disimpan, atau tulis alamat yang baru. Terakhir, mulai mengemudi ke arah yang dituju, Uber akan secara otomatis menyaring permintaan perjalanan yang sesuai dengan tujuan.

Forward Dispatch

Fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan efisiensi mitra pengemudi. Ketika pengemudi sedang menyelesaikan perjalanan, ia bisa menerima permintaan perjalanan berikutnya dan rute penjemputannya bisa disesuaikan. Menurut Uber Indonesia, dari sisi pengguna fitur ini cukup membantu karena waktu tunggu yang lebih singkat. Ada estimasi waktu kedatangan pengemudi yang bisa terlihat dari sisi pengguna dan pengemudi.

"Sebagai contoh, jika pengemudi berjarak satu menit dari tujuan, dan pengguna berjarak tiga menit dari tujuan. Kami akan menghubungi mereka (sehingga waktu kedatangan adalah 4-5 menit), bandingkan bila mereka harus menunggu pengemudi baru bisa memakan waktu 8 menit." Fitur ini tersedia untuk mitra pengemudi roda empat di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Venues

Fitur ini memberikan informasi spesifik mengenai lokasi penjemputan di tempat berskala besar yang memiliki beberapa pintu masuk dan pintu keluar, seperti di bandara, stadion, acara tertentu, universitas, dan pusat perbelanjaan. Tentu saja, fitur ini memberikan solusi baik bagi pengemudi dan pengguna Uber tanpa mereka harus menelepon satu sama lain.

Bagi pengguna, mereka bisa memilih nama terminal atau lobi tempat mereka berada. Sementara, bagi pengemudi mereka bisa melihat nama terminal dan lobi yang spesifik tempat pengguna menunggu. Fitur ini tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Uber Indonesia berharap ketiga fitur baru ini bisa membuat pengalaman mitra pengemudi Uber semakin mudah. Menurut mereka, hal ini merupakan wujud dari on-demand economy dan teknologi, memberikan kebebasan dan fleksibiltas hanya dengan sentuhan jari.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter