27 April 2017

by Glenn Kaonang

Uber Kini Tampilkan Rating Anda Sebagai Penumpang

Rating akan muncul di bawah nama pengguna sehingga Anda tidak perlu lagi mengubek-ubek menu aplikasi untuk mencari tahu tentangnya

Bagi Anda yang sudah lama menjadi konsumen Uber, Anda pasti tahu kalau sistem rating lima bintang yang diterapkan tidak cuma berlaku untuk pengemudi saja, tapi juga untuk kita sebagai penumpang. Masalahnya, tidak semua orang menyadari akan hal ini.

Dengan seenaknya mereka mengajak rombongan yang terlalu banyak untuk UberX ketika mereka semestinya bisa memesan UberXL. Lebih parah lagi, beberapa di antaranya bahkan ada yang membanting pintu, atau makan dan mengotori kabin mobil selama perjalanan. Menghadapi penumpang semacam ini, wajar apabila pengemudinya kesal dan memberi rating di bawah lima.

Beruntung Uber telah melakukan pembaruan supaya Anda bisa mengetahui rating Anda sebagai penumpang dengan mudah. Sebelum ini, Anda harus mengubek-ubek menu aplikasi terlebih dulu untuk bisa mengirimkan request ke Uber terkait informasi rating Anda sebagai penumpang.

Rating Anda sebagai penumpang kini ditampilkan langsung di bawah nama Anda / Uber

Dalam versi terbarunya, rating penumpang akan ditampilkan tepat di bawah namanya. Angkanya merupakan rating rata-rata yang diberikan oleh banyak pengemudi sekaligus. Dengan begini, penumpang setidaknya bisa terdorong untuk menunjukkan sikap baik di saat pengemudinya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan layanan terbaik.

Di samping itu, Uber juga membenahi sistem rating untuk layanan UberPOOL yang selama ini terkesan kurang adil bagi pihak pengemudi. Pasalnya, kalau Anda memberi bintang empat atau kurang karena kesal dengan rekan penumpang Anda yang terlalu cerewet, yang kena getahnya adalah si penumpang itu sendiri.

Maka dari itu, mulai sekarang kalau Anda memberikan rating kurang dari bintang lima untuk layanan UberPOOL, Anda akan diminta untuk memberikan alasan yang lebih merinci. Kalau ternyata kekesalan Anda diakibatkan oleh rekan penumpang, sang pengemudi tidak akan terkena imbas negatif dari rating jelek yang Anda berikan tersebut.

Sumber: Uber. Gambar header: Pexels.