1. Startup

Uber Uji Coba Pembayaran dengan Uang Tunai di Jakarta

Masih untuk kalangan terbatas, menyusul uji coba serupa di Bandung, Surabaya, dan Pulau Bali

Melanjutkan langkah uji coba penggunaan uang tunai untuk pembayaran di Bandung, Surabaya, dan Pulau Bali, Uber melanjutkan eksperimennya ke ibukota. Layanan yang baru saja mengubah logo dan identitas warna perusahaan ini mengumumkan ketersediaan pembayaran dengan uang tunai untuk kalangan terbatas, sambil melihat bagaimana penerimaan masyarakat terhadap alternatif pembayaran ini.

Karun Arya, Communications Lead Uber Asia Tenggara, dalam pernyataannya mengatakan, “Uber menyadari bahwa pembayaran tunai sangat diminati oleh banyak masyarakat di Jakarta. Tujuan kami adalah menyediakan layanan transportasi yang aman, terjangkau dan tepercaya kepada siapa pun dan di mana pun, hanya dengan satu sentuhan jari. Melalui sistem pembayaran tunai yang baru saja digulirkan, platform teknologi yang Uber miliki kini siap menjangkau siapa pun yang berdomisili di Jakarta secara lebih luas. Pertumbuhan bisnis kami di Indonesia mengalami peningkatan sebesar tiga puluh kali lipat (30x) dalam beberapa tahun terakhir. Hal inilah yang membuat kami senantiasa bersemangat untuk menyediakan beragam solusi baru bagi kebutuhan pengguna Uber yang terus mengalami pertumbuhan pesat.”

Berdasarkan obrolan saya dengan sejumlah pengemudi, kendala penerapan pembayaran menggunakan uang tunai adalah kehandalan sistem yang menggunakan teknologi seluler. Berbeda dengan argo yang tidak terpengaruh teknologi eksternal, besaran biaya yang dikeluarkan setelah mencapai tujuan dikalkulasi oleh sistem dan saya melihat sendiri cukup lama bagi sistem untuk menunjukkan besaran biaya perjalanan di aplikasi smartphone pengemudi. Hal ini menjadi PR Uber dalam penerapan penggunaan uang tunai secara luas.

Keterbatasan kepemilikan kartu kredit di Indonesia memang sedikit banyak "menghambat" akuisisi pengguna Uber di Indonesia. Pihak Uber sendiri terus mencari alternatif metode pembayaran yang bisa digunakan secara luas di sini. Selain menggunakan uang tunai, mereka juga telah menerima pembayaran menggunakan kartu debit Mandiri.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again