Categories

Interview

Ubiklan Luncurkan Konsep "Human Billboard" Berbasis Teknologi UbiMan

Alternatif media iklan secara offline, fokus merekrut mitra baru di Jabodetabek

Yenny Yusra - 1 October 2019

Masih besarnya potensi kegiatan pemasaran secara offline, yang dipadukan dengan teknologi, menjadi salah satu alasan Ubiklan untuk memperkenalkan media iklan baru yang disebut UbiMan. Konsep kegiatan pemasaran ini memanfaatkan human billboard atau papan iklan yang dijalankan manusia, yang disebut sebagai Mitra UbiMan.

Didirikan pada tahun 2016, Ubiklan merupakan perusahaan iklan luar ruang (out-of-home advertising) yang berbasis teknologi. Melalui platform, pengiklan dapat memantau promosi yang dijalankan secara online dan memiliki akses ke informasi seperti impresi dan area yang telah terekspos iklan tersebut. Saat ini sudah ada 100 mitra yang bergabung dalam platform dan 400-500 perusahaan yang telah menggunakan layanannya.

Barrier of entry yang lebih rendah

Kepada DailySocial Founder & CEO Ubiklan Glorio Yulianto mengungkapkan, ada alasan kekosongan media iklan luar ruang yang targeted dan bergerak yang mendasari lahirnya Ubiman. Solusi ini diklaim memberikan harga yang terjangkau dan bisa diluncurkan dalam jumlah masif.

"Di sisi lain, kalau selama ini produk yang telah diluncurkan Ubiklan, contohnya vehicle branding, hanya bisa diikuti oleh mitra-mitra yang memang punya kendaraan. UbiMan tidak begitu karena papan iklan dan segala perlengkapannya disediakan oleh kami. Jadi, barrier of entry-nya lebih rendah dan secara otomatis bisa membuka kesempatan kerja bagi lebih banyak orang lagi."

Konsep human billboard sendiri memang bukan hal yang asing, baik di dalam maupun di luar Indonesia. Meskipun demikian, konsep yang sudah berjalan selama ini hanyalah papan iklan biasa yang tidak bisa dipantau. UbiMan hadir dengan solusi human billboard yang berbasis teknologi.

Memanfaatkan GPS, pengiklan dapat melacak rute apa saja yang sudah dilewati mitra ketika membawa papan iklannya. Pengiklan bisa melakukan verifikasi sendiri apakah rute yang dilewati memang sesuai dengan yang diinginkan. Teknologi Ubiklan akan mengumpulkan impresi data selama perjalanan untuk kebutuhan evaluasi pengiklan di akhir kampanye. Seluruh informasi ini dapat diakses pengiklan secara online melalui dashboard.

"UbiMan bisa melakukan banyak hal bagi brand. Salah satunya sebagai brand ambassador bagi iklan yang dibawanya. Sebelum mulai menjalankan iklan, para UbiMan akan diberikan orientasi terlebih dahulu, di mana pada saat ini mereka akan diberikan product knowledge seputar iklan yang dibawanya. Jadi mereka bukan hanya berjalan membawa iklan, tapi juga sekalian menyebarkan informasi dan menjawab pertanyaan," kata Glorio.

UbiMan juga bisa melakukan flyering dan brand activation seperti membagikan product sampling atau mendukung event. Meskipun produk paling anyar, Ubiklan mengklaim UbiMan sudah digunakan Blibli untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Fokus merekrut mitra

UbiMan terbuka bagi siapa saja yang ingin menjalankan iklan. Saat ini UbiMan baru tersedia di kawasan Jabodetabek. Untuk menambah jumlah mitra, pendaftaran di kota-kota besar lainnya juga mulai dilakukan, termasuk di kota Medan.

Nantinya mereka yang mendaftar menjadi mitra tinggal berkeliling membawa papan iklan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Pendaftaran menjadi mitra dapat dilakukan di aplikasi Ubiklan.

"Pemberian komisi kepada personel UbiMan dan pembayaran dari brand dihitung secara per minggu. Karena memang ini layanan baru, jumlah mitra UbiMan sendiri memang belum terlalu banyak. Karena itu, fokus kita saat ini untuk layanan ini adalah terus meningkatkan jumlah mitra UbiMan, tidak hanya di Jakarta tapi juga kota-kota besar lain di Indonesia. Selain itu, kami juga sedang dalam pengembangan fitur-fitur lain yang akan semakin menambah value dari UbiMan," kata Glorio.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter