Categories

Game

Ubisoft Lagi-Lagi Coba Saingi Steam, Kali Ini Lewat Ubisoft Club

Yoga Wisesa - 20 October 2015

Kesuksesan Steam mendorong publisher kompetitor untuk turut menggarap platform sejenis demi menyainginya, dan beberapa nama mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Di antara mereka, Uplay garapan Ubisoft boleh dikatakan yang memiliki reputasi paling negatif. Tapi Ubisoft menolak buat menyerah, mereka malah meluncurkan sebuah fitur baru di layanannya.

Tepatnya di tanggal 19 Oktober 2015, sang publisher asal Perancis itu memperkenalkan Ubisoft Club. Ia adalah program sistem reward, menawarkan poin experience, Badge dan Unit setiap kali Anda memainkan game-game Ubisoft. Bayangkan saja Steam Achievement, namun Club tidak terbatas hanya pada satu judul ataupun eksklusif di sebuah platform. Ubisoft mengklaim bahwa cara tersebut memastikan Anda lebih 'menonjol di antara kawan-kawan'.

Begini cara kerja Club: XP dikumpulkan dengan bermain game, dan semakin lama menghabiskan waktu, kian tinggi pula level akun Anda. Kemungkinan, ini menjadi metode Ubisoft menyajikan akses tes beta (misalnya baru bisa dinikmati oleh gamer yang sudah mencapai level tertentu) serta diskon. Unit sendiri ialah mata uang dalam ekosistem Uplay, Anda dapat menggunakannya untuk membeli konten permainan tambahan atau berbelanja pernak-pernik Limited Edition.

Info menarik: Sambut The Force Awakens Dengan PlayStation 4 Edisi Star Wars: Battlefront

Pelanggan Uplay boleh jadi merasa sangat familier, karena elemen-elemen di dalam Club pada dasarnya hampir identik dengan platform distribusi digital merangkap sistem DRM tersebut. Sayangnya, detail mengenai Club masih terbilang sangat minim. Di website, mayoritas info hanya berisi ajakan buat bergabung. Dan anehnya lagi, Ubisoft sama sekali tidak membahas keberadaan Uplay. Pertanyaan terbesarnya kini ialah, apakah Club hanyalah upaya re-branding, atau merupakan perluasan dari Uplay?

Dari laporan Polygon, publisher sempat membuka gerbang closed beta beberapa waktu lalu. Saat dicoba sekarang, saya berhasil masuk ke laman utama dengan akun Uplay. Metode lain adalah log-in via Facebook, PlayStation Network atau Xbox Live. Saya sama sekali belum mempunyai game, namun menariknya, sudah separuh jalan ke level tiga plus 'bonus' 10 Unit.

Desain dashboard-nya gamblang dan ringkas. Anda dapat langsung melihat XP, jumlah Unit, opsi pemilihan Badge untuk dipamerkan, serta informasi umum yang menunjukkan jumlah permainan, daftar teman, serta koleksi platform Anda.

Kabarnya Ubisoft akan meluncurkan Club secara lebih resmi di akhir tahun 2015 ini. Ingin segera menjajalnya? Silakan kunjungi laman Ubisoft Club.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter