19 August 2013

by Iqbal Farabi

Ubuntu Edge Catat Rekor Jumlah Pengumpulan Dana melalui Crowdfunding

Masih ingat dengan penggalangan dana yang dilakukan oleh Canonical untuk mengembangkan perangkat Ubuntu Edge? Untuk membuat perangkat yang digadang-gadang akan menjadi "superphone" ini, Canonical sejak akhir bulan Juli lalu membuka penggalangan dana melalui situs crowdfunding Indiegogo.

Dengan target dana sebesar 32 juta dolar AS, penggalangan dana Ubuntu Edge salah satu proyek crowdfunding yang paling ambisius. Kini, empat hari menjelang berakhirnya masa penggalangan dana tersebut, Ubuntu Edge sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar $11.115.214 saat tulisan ini dibuat. Angka ini merupakan rekor jumlah dana terbesar yang berhasil dikumpulkan melalui mekanisme crowdfunding. Sebelumnya rekor jumlah dana terbesar yang terkumpul melalui crowdfunding dipegang oleh Pebble yang berhasil mengumpulkan dana sebesar $10.266.485 melalui situs Kickstarter.

Meski berhasil mencatatkan rekor, bukan berarti penggalangan dana Ubuntu Edge sudah mencapai titik terang. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, target pendanaan Ubuntu Edge sendiri adalah sebesar 32 juta dolar AS. Dengan demikian, saat ini masih terdapat kekurangan dana sebesar hampir 21 juta dolar AS yang harus didapatkan dalam jangka waktu kurang dari 4 hari lagi.

Karena Canonical mengambil model fixed funding dalam proses ini, proyek Ubuntu Edge tidak jadi didanai jika jumlah dana minimal yang sudah ditetapkan oleh Canonical tersebut tidak terpenuhi. Jika pada tanggal 21 Agustus nanti belum terkumpul dana sebesar 32 juta dolar AS, maka semua dana yang sudah terkumpul hingga batas waktu tersebut akan dikembalikan lagi oleh Indiegogo kepada masing-masing penyumbang dana untuk proyek Ubuntu Edge ini.

Mengingat tenggat waktu yang tinggal sedikit, saya pikir akan sulit tercapai target pendanaan proyek Ubuntu Edge ini di situs Indiegogo. Meskipun demikian, saya sendiri berharap Canonical tertap mencoba mengembangkan dan akhirnya merilis perangkat Ubuntu Edge ini ke pasar. Karena terlepas dari berhasil atau tidaknya penggalangan dana Ubuntu Edge ini nanti, terkumpulnya dana hingga lebih dari 11 juta dolar AS untuk pengembangan perangkat ini sudah menunjukkan antusiasme yang cukup besar dari banyak pihak terhadap konsep Ubuntu Edge.