20 February 2013

by Iqbal Farabi

Ubuntu Perkenalkan Versi Sistem Operasi untuk Tablet

Beberapa waktu lalu kami sempat mengulas bagaimana Ubuntu mengumumkan versi sistem operasinya yang ditujukan untuk ponsel pintar yang kabarnya akan dirilis pada Oktober tahun ini. Kali ini Ubuntu mengumumkan tersedianya versi sistem operasinya yang ditujukan untuk perangkat tablet.

Jika Anda mengunjungi situs resmi Ubuntu, Anda akan mendapati halaman khusus tentang sistem operasi Ubuntu untuk tablet. Pada halaman tersebut Ubuntu memamerkan beberapa fitur unggulan sistem operasi versi tablet yang akan dirilisnya. Salah satu fitur unggulan utama adalah fitur multitasking.

Diklaim sebagai "true multitasking", pada Ubuntu untuk tablet pengguna nantinya akan bisa membuka lebih dari satu jendela aplikasi pada saat yang bersamaan. Pada contoh yang diberikan oleh Ubuntu, pengguna bisa membuka dan mengedit dokumen sambil melakukan panggilan dengan aplikasi Skype atau membuka aplikasi catatan sambil melakukan browsing internet.

Fitur unggulan lain yang dikedepankan oleh Ubuntu adalah fitur multi akun. Dengan fitur ini, satu tablet bisa memiliki lebih dari satu akun pengguna yang masing-masing bisa memiliki password serta satu akun tamu. Tentunya fitur yang bermanfaat bagi mereka yang berbagi penggunaan tabletnya dengan anggota keluarga, misalnya.

Hanya saja, seperti halnya dengan sistem operasi versi ponsel pintarnya, Ubuntu untuk tablet ini belum memiliki perangkat keras khusus. Meskipun demikian, menurut The Verge, Canonical akan menyediakan versi Ubuntu Touch Developer Preview yang bisa dijalankan di perangkat tablet Nexus 7 dan Nexus 10.

Rencananya Ubuntu untuk tablet ini juga akan ikut dipamerkan oleh Canonical pada acara Mobile World Congress pada 25-28 Februari nanti. Hingga saat tulisan ini dibuat, belum ada informasi mengenai kapan tablet berbasis sistem operasi Ubuntu yang pertama akan dirilis.