Categories

Gadget

UE Fits Adalah TWS Unik yang Dapat Menyesuaikan Bentuknya dengan Kontur Telinga

Hasil akhirnya adalah fitting yang sangat pas untuk semua konsumen

Glenn Kaonang - 2 October 2020

Mencari TWS dengan fitting yang sempurna sangatlah sulit dilakukan karena memang bentuk telinga setiap orang berbeda-beda. Sebagian mungkin lebih cocok dengan yang dilengkapi eartip silikon, sebagian lain mungkin malah lebih nyaman dengan yang berbentuk earbud seperti AirPods.

Tidak sedikit juga produsen TWS yang menyertakan semacam sirip atau wingtip sehingga perangkat bisa lebih stabil di telinga dan tidak mudah terlepas selagi digunakan sambil beraktivitas. Namun kembali lagi, tidak semua orang cocok dengan desain seperti ini, dan itulah mengapa fitting selalu menjadi salah satu topik yang sangat penting ketika membahas mengenai TWS.

Di sinilah kemudian Ultimate Ears (UE) mencoba membuat gebrakan. Anak perusahaan Logitech tersebut baru saja memperkenalkan UE Fits, TWS unik yang menawarkan fitting custom untuk setiap konsumen. Istimewanya, konsumen sama sekali tidak perlu mengunjungi seorang audiolog untuk dibuatkan cetakan telinganya.

Sebagai gantinya, UE Fits memanfaatkan teknologi yang mereka juluki dengan istilah Lightform. Jadi setiap unit UE Fits datang membawa eartip berisi gel yang dapat mengikuti kontur telinga. Gel tersebut kemudian bakal mengeras setelah menerima pancaran sinar LED berwarna ungu. Setelah mengeras, bentuknya akan terus bertahan seperti itu (permanen), dan jadilah konsumen mendapatkan fitting custom tanpa campur tangan seorang audiolog.

UE bilang prosesnya hanya memerlukan waktu kurang dari 60 detik, dan reputasi UE selama inilah yang pada dasarnya jadi taruhan terkait seberapa efektif teknologi Lightform yang sudah mereka patenkan itu. Buat yang tidak tahu, UE memang sudah memproduksi custom in-ear monitor buat musisi-musisi tenar sejak tahun 1995, jauh sebelum mereka dikenal sebagai produsen speaker Bluetooth kenamaan seperti sekarang.

Karena bentuknya benar-benar pas dengan telinga masing-masing pengguna, UE Fits jelas sangat kapabel mengisolasi suara secara pasif. Buat yang memprioritaskan fitur active noise cancellation (ANC), sayangnya UE Fits bukan untuk Anda.

Masing-masing earpiece-nya mengemas driver 10 mm dan sepasang mikrofon. Dalam sekali pengisian, baterainya diyakini sanggup bertahan sampai 8 jam pemakaian, atau sampai 20 jam kalau dipadukan dengan charging case-nya. Proses charging-nya pun juga cepat; 10 menit charging sudah cukup untuk menenagai perangkat selama 1 jam penggunaan.

Rencananya, UE Fits bakal segera dipasarkan di Amerika Serikat seharga $249. Harga yang cukup lumayan untuk TWS yang tidak dilengkapi (ANC), tapi sekali lagi nilai jual yang ingin ditonjolkan di sini adalah fitting yang sempurna, yang semestinya jauh lebih esensial bagi sebagian besar konsumen.

Sumber: Logitech.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter