Categories

Mobile

Uji Jaringan Telkomsel 2015: Video Call di Atas Kapal Feri, Lancar

wiku - 7 June 2015

Dalam rangkaian acara Telkomsel Drive Test dari Jakarta – Surabaya – Banyuwangi – Denpasar, Paulus Djatmiko – Operasion Commander Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Telkomsel sempat melakukan panggilan video di atas kapal feri dan komunikasi berjalan lancar.

Perjalanan feri dari Ketapang ke Gilimanuk merupakan bagian uji jaringan Telkomsel dalam menyambut musim mudik dan liburan Lebaran tahun ini. Uji jaringan kali ini menjadi spesial karena optimasi jaringan bukan hanya untuk daerah pemudik tetapi juga daerah wisata.

Hal spesial lain adalah uji jaringan kali ini mengambil area penyeberangan laut. Selain melakukan video call di atas kapal feri, saat di pelabuhan Gilimanuk pun Telkomsel juga melakukan uji jaringan kembali dengan melakukan video call dengan beberapa wilayah di Denpasar serta Jakarta.

Info menarik: Paparan Uji Jaringan Telkomsel, #TselDriveTest2015

Saat melakukan uji di dalam bus rombongan di pelabuhan Gilimanuk, Sukardi Silalahi – Direktur Network Telkomsel mengatakan bahwa kesiapan jaringan untuk kereta api dan lainnya telah bagus maka uji untuk tahun ini ditambahkan pula dengan rute laut dari Banyuwangi ke Gilimanuk.

Tahun ini dikatakan pula bahwa jaringan Telkomsel akan semakin baik, untuk voice, data atau video. Dipilihnya Denpasar sebagai titik poin highlight uji jaringan kali ini sejalan dengan rencana uji yang bukan hanya untuk jalur mudik, karena Denpasar juga adalah tujuan wisata populer.

Selain saat beradar di atas kapal laut, kelancaran uji video call juga bisa dilakukan di pelabuhan Gilimanuk. Panggilan video lancar dilakukan baik ke lokasi yang di Denpasar (di kantor) serta di perjalanan dengan mobil dan satu titik panggilan lagi di Jakarta. Meski saat melihat demo panggilan video ini terasa kurang mulus dari sisi suara untuk penggilan video ke lokasi yang sedang mengendarai mobil, namun secara keseluruhan panggilan video bisa dilakukan dengan lancar.

Di Denpasar sendiri disebutkan bahwa layanan True Broadband Experience sudah ditingkatkan – dua titik test peningkatan telah dilakukan. Denpasar sendiri telah menikmati layanan 4G dari Telkomsel, bahkan menjadi kota awal yang menikmati 4G LTE operator merah ini selain kota Jakarta.

Info menarikCubeacon, Kubus Bluetooth Mini dengan Segudang Potensi

Telkomsel Drive Test kali ini diikuti media dari berbagai terbitan, baik cetak maupun online, termasuk Trenologi.com.

Saya sendiri melakukan uji personal menggunakan smartphone BlackBerry Q10 dengan jaringan Telkomsel paket Flash LTE seharga 80 ribu dengan fasilitas 2GB dengan aplikasi SpeedTest. Rencananya rangkuman hasil ini akan di publikasikan di artikel terpisah.

Sebagai teaser, berikut cuplikan hasil uji SpeedTest pribadi saya sendiri saat di pelabuhan Ketapang – saat di kapal feri – serta saat di pelabuhan Gilimanuk.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter