1. Startup

UKM dan Internet: 'Lagu Lama' atau Peluang Baru?

Minggu kemarin ada dua press release yang masuk wire@dailysocial, keduanya memberi info berhubungan dengan UKM, yang satu adalah SITTI dan satu lagi dari Belibu.com.

Dalam siaran pers-nya SITTI menjelaskan bahwa melalui SITTI359 sedang mempersiapkan insisiatif bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia. Program ini akan berkolaborasi dengan Satutempat.com, inisiatif bernama 'Kedai UKM SITTI' adalah sebuah end to end solution bagi UKM untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing. Akan diluncurkan bulan Oktober 2011, video-nya berkaitan tema ini disebarkan tanggal 17 Agustus 2011.

Sedangkan Belibu.com yang memberikan berbagai layanan media online dan menyasar entrepreneur lokal dan UKM sebagai acuan pengguna mereka. Belibu.com juga menyediakan fasilitas semacam liputan bagi para pelaku usaha yang nantinya diunggah ke situs mereka.

Dukungan atau program yang menyasar UKM memang bukan hal baru, apalagi di Indonesia yang memang bisnis wirausaha banyak yang ada di wilayah ini, bahkan menjadi tumpuan untuk pertumbuhan bisnis dan kewirausahaan. Telah banyak juga layanan yang menyasar pasar ini termasuk yang dikelola oleh atau bekerja sama dengan pemerintah, termasuk juga dukungan atas berbagai layanan internet atas para pelaku UKM. Plasa.com misalnya mempromosikan mitra mereka dengan eBay salah satunya adalah untuk juga menyasar segmen ini, ada juga Exportnesia yang, seperti dikutip dari majalah Marketeers edisi Juli 2011, memiliki salah satu tujuan untuk mencoba mengajak para palaku UKM untuk menggarap pasar luar negeri.

Masih seperti yang dikutip dari majalah Marketeers, kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto nasional sebesar 54% pada tahun 2010, nilai bisnis Rp 11,6 triliun dan diperkirakan meningkat menjadi Rp12,87 triliun tahun 2011.

Pertumbuhan UKM bisa menjadi peluang bagi layanan berbasis internet, meski saya yakin tingkat pengetahuan para pelaku industri kecil telah meningkat, dalam hubungannya dengan internet dan penggunaannya untuk memaksimalkan usaha, namun masih banyak peluang yang bisa dicari dan diciptakan.

Sebenarnya saya lebih tertarik dengan rencana apa yang akan dilakukan oleh SITTI dan Satutempat.com. Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa SatuTempat adalah bagian dari Domikado, segmen menengah bahwa dari layanan Doku. SatuTempat menyediakan layanan 'satu tempat'  yang memiliki sistem pembayaran sendiri, escrow, dan marketplace dan juga layanan Flymygoods.com, semacam layanan untuk membantu mengirim barang dari dan ke luar area Indonesia. Dua layanan ini diperkenalkan setidaknya pada acara Doku beberapa waktu yang lalu dan masih dalam tahap pengembangan.

Kembali lagi ke SITTI, dukungan apa yang akan diberikannya dengan program SITTI untuk UKM? Kalau melihat dari video internet untuk UKM, masih seputar layanan iklan dari SITTI, belum ada tentang kolaborasi dengan SatuTempat. Mungkin layanan yang diberikan nantinya adalah promosi untuk marketplace yang bergabung juga dengan SatuTempat.

Kolaborasi dua layanan, entah kenapa selalu menarik bagi saya, dengan pertumbuhan industri internet yang memasuki gelombang kedua ini, sepertinya lebih asik jika melihat kolaborasi antar dua layanan, ini melengkapi persaingan yang sehat di dunia bisnis. Online store dan promosi internet bisa jadi dua hal paling mudah yang bisa disasar dari UKM, tentu masih banyak kebutuhan lain. Masing-masing penyedia layanan toko online juga tentunya terus berkembang dengan program-program mereka, dan juga menggarap pasar yang sama, UKM.

Seperti juga tulisan saya yang berusaha untuk menggerakan layanan musik untuk terus tumbuh, tulisan ini sedikit banyak juga ingin menawarkan hal yang serupa, dimana pasar UKM yang sudah, maupun yang baru mengenal internet bisa diberikan berbagai layanan yang memaksimalkan bisnis mereka sambil menemukan win-win solution bagi berbagai pihak.

Untuk SITTI, mari kita lihat program apa yang akan mereka jalankan berkolaborasi dengan SatuTempat, untuk layanan e-commerce lain sepertinya memang pasar UKM adalah ladang yang masih subur dan pasar yang cukup tepat, tentunya akan semakin tumbuh. Saya juga berharap tidak hanya UKM tetapi nantinya juga usaha mikro yang bisa menikmati perkembangan internet untuk mengembangkan bisnis mereka. Peluang masih terbuka lebar di Indonesia.

[Sumber Gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again