6 June 2017

by Yoga Wisesa

Ultrabook Gaming MSI GS73VR dan GS63VR Stealth Pro Dapatkan Upgrade Layar dan Kartu Grafis

Kini ada pilihan GPU GTX 1070 dan layar 120Hz di seri ultrabook gaming MSI GS.

Dua atau tiga tahun lalu, kita mungkin tak pernah membayangkan PC bertubuh tipis mampu bekerja sebaik komputer desktop. Kini, konsumen kebanjiran pilihan sistem VR ready berukuran mungil, dan kompetisi di ranah ultrabook gaming jadi kian memanas. Sebagai pionir di sana, MSI memperoleh perlawanan cukup ketat dari brand barat maupun rival senegaranya.

Selain mengenalkan tiga varian laptop gaming baru di Computex 2017, Micro-Star International juga meluncurkan versi refresh dari keluarga ultrabook gaming mereka, GS63VR dan GS73VR Stealth Pro. Di tipe lamanya, performa perangkat pendukung virtual reality dengan ketebalan hanya 17,7-milimeter ini sudah sangat menakjubkan berkat kehadiran GeForce GTX 1060. Namun MSI masih belum puas. Mereka bubuhkan lagi GPU yang lebih bertenaga.

Terhitung dari mulai pelaksanaan Computex 2017, tersedia pilihan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070 dengan desain Max-Q di GS63VR dan GS73VR 7RG. Komposisi hardware internal lainnya sendiri masih serupa, tetap dipersenjatai prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh, RAM DDR4 hingga 32GB, serta sistem penyimpanan berbasis SSD M.2 NVMe PCIe Gen-3 dan HDD.

Perbedaan kode angka antara GS63VR dan GS73VR mengindikasikan lebar layar, masing-masing memiliki panel FHD 15,6- dan 17,3-inci. Tidak ada perubahan desain di model ber-GPU GTX 1070, mereka terlihat identik dengan versi GS '7RF' yang diperkenalkan di CES 2017. Laptop mengusung rancangan minimalis, mempunyai tubuh berwarna hitam, terdapat pencahayaan LED RGB pada keyboard, serta telah memajang logo perisai naga baru MSI Gaming.

Update lain, dan salah satu pembaruan paling signifikan di laptop tersebut, bisa ditemukan di layarnya. Seperti GE63VR dan GE73VR Raider, GS anyar kini dibekali monitor dengan refresh rate 120Hz dan waktu respons 3-milidetik. Layar tersebut sanggup menghidangkan 120 gambar dalam sedetik, membuat adegan-adegan game berkecepatan tinggi jadi lebih mulus. Panel juga telah dikalibrasi agar menampilkan color gamut setinggi mungkin - yakni di 94 persen NTSC.

Untuk sistem pendingin, perusahaan hardware Taiwan itu tetap mengandalkan Cooler Boost Trinity. Solusi pendingin ini terdiri atas tiga buah kipas Whirlwind Blade, memiliki 41 bilah setipis 0,4-milimeter. Fungsinya adalah buat memasok aliran angin lebih besar 30 persen dari kipas berdesain standar. Di Cooler Boost Trinity, CPU dan GPU didinginkan secara independen, lalu panasnya didistribusikan ke luar tubuh lewat lima heat pipe.

Seperti GE63VR, GE73VR Raider, dan GT75VR Titan, MSI masih belum mengungkap kapan tepatnya GS63VR/GS73VR Stealth Pro meluncur dan berapa harganya.