29 June 2018

by Glenn Kaonang

Under Armour Luncurkan Headphone Wireless Edisi The Rock

Berdesain rugged dan mengemas material non-konvensional, serta teknologi audio racikan JBL

Belakangan tren headphone yang di-endorse selebriti ternama sudah tidak seramai dulu. Namun Under Armour sepertinya tertarik menghidupkan tren itu kembali melalui hasil kolaborasinya bersama Dwayne "The Rock" Johnson, mantan pegulat yang sekarang menjadi salah satu bintang terbesar Hollywood.

Mereka meluncurkan UA Sport Wireless - Project Rock Edition, headphone wireless berdesain unik yang ditujukan bagi para penggemar olahraga – atau bisa juga untuk fans berat The Rock. Ada lambang banteng khas The Rock di kedua sisi earcup, tapi yang lebih penting adalah penggunaan material non-konvensional pada headphone itu sendiri.

Lapisan luar bantalan telinganya dibungkus material kain breathable yang dapat dilepas dan dicuci jika perlu, sedangkan permukaan bantalan yang menempel ke telinga beserta headband-nya dilapisi material lembut yang diyakini mampu 'mencengkeram' telinga beserta kepala dengan baik, mencegah headphone terlepas selagi penggunanya berlatih secara intensif.

Secara keseluruhan, desainnya tampak rugged, dan itu semakin dipertegas oleh sertifikasi IPX4. Saat sedang tidak dipakai, earcup-nya bisa dilipat ke atas demi menunjang portabilitas, dan UA pun telah membekali setiap paket penjualannya dengan sebuah hard case.

Headphone-nya sendiri dibuat oleh JBL, dengan dukungan konektivitas Bluetooth 4.1, namun tidak untuk codec aptX. Yang cukup unik adalah fitur bernama Talk-Thru, di mana ketika diaktifkan, volume musik akan dikecilkan secara otomatis, lalu mikrofon berteknologi noise cancelling-nya akan menyala supaya pengguna bisa berbicara dengan orang di sekitarnya tanpa perlu melepas headphone.

Mic yang sama ini juga dapat digunakan untuk memanggil Siri atau Google Assistant. Soal baterai, perangkat bisa beroperasi sampai 16 jam dalam satu kali pengisian. Charging-nya hanya memerlukan waktu dua jam, tapi kalaupun hanya sempat dicolokkan selama 5 menit, perangkat rupanya masih bisa digunakan selama satu jam ke depan.

Di Amerika Serikat, perangkat ini dijajakan seharga $250. Belum ada informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia, yang ada barulah sepatu seri Project Rock saja.

Sumber: The Verge.