23 March 2015

by Aditya Daniel

Unduh Aplikasi di iOS Nantinya Bisa Tanpa Password?

Sistem operasi perangkat mobile milik Apple, iOS 8.3, kini sedang diuji coba kepada publik, meski tak semua pengguna bisa mendapatkan akses untuk mencoba iOS 8.3. Salah satu yang menarik dari versi beta iOS 8.3 adalah temuan mengenai tambahan fitur yang memungkinkan pengguna untuk tak lagi memasukkan password ketika mengunduh konten gratis di iTunes Store.

Fitur tambahan ini bisa ditemukan di kategori iTunes & App Store pada menu Settings. Berlabel "Password Settings", pengguna bisa mengatur seberapa sering perangkat iOS meminta password untuk melakukan transaksi di iTunes Store.

Pengguna juga bisa menonaktifkan permintaan password dari App Store atau iTunes Store ketika mengunduh konten gratis baik aplikasi, games, lagu, buku ataupun majalah.

Info Menarik: Tips Menggunakan AssistiveTouch Pada iPhone atau iPad

Jangan khawatir karena konten gratis saja yang bisa diunduh tanpa memasukkan password. Jika sebuah konten tersebut berbayar, maka pengguna tetap harus memasukkan password Apple ID atau autentikasi menggunakan Touch ID.

Pengaturan ini sendiri seperti yang dikutip dari 9to5Mac masih belum bisa diaktifkan pada versi publik beta dari iOS 8.3, namun ada satu pengguna yang mendapatkan fitur ini dan memberikan screenshot-nya pada 9t05Mac. Pengaturan ini sendiri baru saja ditemukan terutama untuk perangkat yang menonaktifkan atau tak menggunakan fitur Touch ID yang dimiliki.

Apple sendiri sebelumnya pernah mengizinkan pengguna untuk mengunduh konten gratis tanpa password namun demi alasan keamanan fitur ini dihilangkan, tapi tampaknya iOS 8.3 akan menghadirkannya kembali.

Info Menarik: Aplikasi Peta HERE Sudah Bisa Diunduh untuk Perangkat iPhone dan iPod Touch

Salah satu catatan lagi mengenai fitur ini, masih seperti yang dikutip dari 9to5Mac, adalah dukungan yang belum merata untuk semua wilayah dimana iTunes Store digunakan, kemungkinan hal ini akan diperbaiki ketika iOS 8.3 resmi dirilis.

Bagaimana menurut Anda? Apakah langkah Apple menghilangkan permintaan password pada saat mengunduh konten gratis akan semakin mempermudah untuk mendapatkan konten kesayangan lewat iTunes Store atau justru mengurangi tingkat keamanan? Sampaikan di kolom komentar ya!