1. Lifestyle

Cara Unik Belajar Kimia di Dalam Game Senyawa Hidrokarbon

Bermain game tidak hanya untuk hiburan, tapi juga bisa untuk belajar. Game karya Enthrean Guardian yang berjudul Senyawa Hidrokarbon ini dikembangkan sebagai sebuah media untuk pembelajaran materi senyawa hidrokarbon.

Game Senyawa Hidrokarbon membawa konten pelajaran kimia tentang hidrokarbon secara eksplisit dan mengasahnya menggunakan permainan menarik.

Terdapat dua pilihan menu di dalam game ini, menu materi dan menu permainan. Untuk materi, pengguna akan disuguhkan berbagai rangkuman materi tentang hidrokarbon yang disadur dari buku cetak kimia. Lalu di menu permainan, terdapat beberapa pilihan rangkaian hidrokarbon yang bisa kita mainkan.

Cara bermainnya sangatlah mudah. Kita akan diminta memilih kategori hidrokarbon yang tersedia seperti Alkana, Alkena, Alkuna, Reaksi, Isomer, atau penamaan hidrokarbon. Setelah itu kita dapat memilih level di dalam game untuk tiap kategori.

Di tiap level, kita akan diberikan sebuah pertanyaan berupa nama kimia dan diminta untuk membuat rangkaian kimia dalam bentuk model senyawa kimia. Jika benar dalam menjawab soal, maka kita akan mendapatkan koin dan muncul soal berikutnya yang lebih sulit.

 

Info menarik: Ini Dia Daftar Permainan Terbaik Versi The Game Awards 2014, Siapa Pemenangnya?

 

Tak hanya itu, game Senyawa Kimia juga menyediakan alat bantu berupa special item jika kita mengalami kesulitan dalam menjawab sebuah soal. Untuk membeli item tersebut, kita harus mengumpulkan koin yang didapat tiap kali kita menjawab pertanyaan dengan benar.

Menu permainan di dalam game Senyawa Hidrokarbon ini sangatlah menarik, namun menurut saya untuk menu materi bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Untuk saat ini, menu materi hanya menampilkan apa yang ada dari buku ke dalam bentuk digital. Akan lebih baik jika penyampaian materi juga dibarengi dengan permainan atau menggunakan metode yang lebih interaktif.

Kemudian model iklan intertisial yang muncul di layar secara tiba-tiba juga sering kali membuat pengguna tidak sengaja memencet iklan atau mengganggu layar. Untuk model game seperti ini, saya pikir akan lebih baik jika digunakan iklan model banner saja atau iklan intertitisial yang muncul pada transisi beberapa layar saja.

Game Senyawa Hidrokarbon sudah bisa diunduh di Google Play secara gratis. Semoga anak-anak menjadi semakin senang belajar dan lebih memahami pelajaran kimia melalui game ini. Ditunggu juga seri mata pelajaran lainnya yang lebih menarik dari Enthrean Guardian.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again