Categories

Berita

Unitus Impact Siapkan Total Dana $45 Juta untuk Perusahaan Berdampak Sosial di Asia Tenggara dan India

Investasi berkisar antara $500 ribu hingga $2 juta per perusahaan, merupakan salah satu investor awal Ruma

Amir Karimuddin - 26 February 2016

Unitus Impact yang berbasis di Silicon Valley mengumumkan telah menutup penggalangan dana untuk Livelihood Impact Fund dengan total dana kelolaan mencapai $45 juta (sekitar 600 miliar Rupiah). Dana tersebut akan difokuskan untuk mendanai perusahaan berdampak sosial di Asia Tenggara dan India. Contoh startup Indonesia yang didanai oleh Unitus Impact adalah Ruma.

Tentu saja Unitus Impact tidak fokus hanya soal startup teknologi, tetapi juga perusahaan-perusahaan komersial yang memiliki dampak sosial untuk meningkatkan kualitas hidup warga kelas bawah di dua kawasan dengan total penduduk yang mencapai hampir dua miliar. Kucuran dana yang disiapkan per perusahaan adalah $500 ribu hingga $2 juta (6-26 miliar Rupiah) dan mereka membuka kesempatan kepada perusahaan Indonesia yang memiliki visi yang sama untuk mengajukan permintaan pendanaan. Mereka berharap bisa mendanai 15-20 perusahaan di awal masa pertumbuhannya.

Contoh perusahaan Indonesia lain yang baru saja didanai oleh Unitus Impact adalah Vasham yang mencoba meningkatkan taraf hidup petani. Di sini Unitus Impact bekerja sama dengan Kinara Indonesia.

Kepada DailySocial, Managing Partner Unitus Impact Beau Seil mengatakan mereka percaya banyak wirausahawan di Asia Tenggara yang mampu menyelesaikan masalah [yang berkaitan dengan rakyat kecil] tetapi tidak banyak investor yang mau mendanai perusahaan seperti ini. Hal yang sama sempat dihadapi oleh Ruma sampai akhirnya Unitus Impact masuk sebagai investor.

Putaran pendanaan kali ini didukung berbagai institusi investasi yang mapan, seperti sebuah dana pensiun Australia, Yayasan eBay, Yayasan Rockefeller, dan Oversears Private Investment Corporation (OPIC).

CEO Unitus Impact Geoff Woolley dalam pernyatannya mengungkapkan, "Kami menantikan untuk berinvestasi di perusahaan inovatif yang memiliki pertumbuhan tinggi di Asia Tenggara dan India untuk menciptakan perusahaan sosial dan memberikan imbal balik (yang terukur secara risiko) bagi para investor kami. Tujuan kami di Unitus Impact adalah mendemonstrasikan kemampuan komersial saat berinvestasi di perusahaan yang fokus untuk peningkatan kualitas hidup."

Contoh perusahaan yang memiliki visi seperti ini adalah Ruma dan Kudo yang mencoba meningkatkan kemampuan ekonomi rakyat kecil dengan memodali mereka dengan bisnis mikro. Sementara di Filipina, Unitus Impact mendanai Kalibrr, sebuah marketplace bursa kerja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter