1. Startup

Universitas Multimedia Nusantara Hadirkan Inkubator Baru Bernama Skystar Ventures

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan kelompok Kompas Gramedia (KG) mengumumkan pendirian inkubator baru bernama Skystar Ventures. Inkubator yang terletak di lantai 12 New Media Tower UMN Serpong Tangerang ini diharapkan membantu melahirkan wirausahawan baru, terutama yang berkaitan teknologi dan Internet. Di Indonesia sendiri berdasarkan data semester pertama 2013, jumlah wirausahawan hanya mencapai 0.25% dari total penduduk. Masih jauh dari konsep ideal.

Skystar Ventures dipimpin oleh Geraldine Oetama sebagai Executive Director. Geraldine adalah salah satu cucu Jakoeb Oetama, pendiri KG. Hadir dalam jajaran komisaris adalah para petinggi perusahaan di lingkungan KG, yaitu Edi Taslim (Digital Group Director Kompas Gramedia), Bimo Setiawan (Managing Director Kompas TV), Liliek Oetama (Executive Director PT Grahawita Santika) dan Andrey Andoko (Vice Dean Universitas Multimedia Nusantara). Skystar Venture juga dilengkapi oleh 12 mentor yang bakal membimbing startup-startup baru ini.

Seperti dikutip dari Berita Satu, selain mencari startup dari UMN sendiri, Skystar Ventures akan mulai menyaring ide bisnis berbasis teknologi dari kalangan umum mulai Februari 2014. Khusus untuk UMN, Skystar Ventures mengadakan Business Idea Competition untuk memperoleh startup yang akan diinkubasi. Sudah terpilih tiga pemenang dalam ajang kompetisi, yaitu CariGuru yang menghubungkan antara calon guru dan murid, IniGame sebagai portal informasi online games di Indonesia, dan RajaSpot untuk pencarian tempat bisnis terintegrasi.

Targetnya per tahun 2014 Skystar Ventures sudah menginkubasi dan mengembangkan lima startup yang berasal dari komunitas UMN dan umum. Selain menjadi inkubator, Skystar Ventures juga bakal menjadi jembatan bagi investor asing yang ingin bekerja sama dengan investor lokal dalam mengembangkan bisnis teknologi informasi.

Hadirnya Skystar Ventures menambah panjang deretan inkubator yang hadir di tahun 2013 untuk membantu mematangkan ekosistem startup teknologi di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again