5 August 2014

by Iqbal Farabi

Untuk Pertama Kalinya, Android Ungguli iOS dalam Statistik Penggunaan Web

Meski sudah lama mengungguli pangsa pasar sistem operasi mobile, Android masih belum berhasil mengungguli iOS dalam beberapa statistik penting lainnya. Salah satu statistik penting tersebut adalah statistik penggunaan web. Namun, menurut data terbaru dari Net Applications, pada bulan Juli lalu akhirnya Android untuk pertama kalinya berhasil mengungguli iOS dalam statistik penggunaan web.

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, pada bulan Juli lalu Android menyumbangkan 44,62% dari seluruh traffic penggunaan web yang berasal dari perangkat mobile mencakup ponsel pintar dan tablet. Angka tersebut sedikit lebih besar dari persentase yang diraih oleh perangkat-perangkat iOS yang berkontribusi sebanyak 44,19%.

Sementara di peringkat selanjutnya, dua platform yang dikategorikan sebagai feature phone masih mencatatkan statistik penggunaan web yang lebih baik daripada sistem operasi yang digadang-gadang oleh Microsoft akan menjadi ekosistem ketiga di ranah sistem operasi mobile, Windows Phone. Perangkat-perangkat berbasis Java ME dan Symbian masih mencatatkan persentase yang lebih besar dari Windows Phone dengan angka masing-masing sebesar 4,19%, 2,57% dan 2,49%.

Dengan hasil ini, Android semakin mengejar ketertinggalannya dari iOS dalam satu lagi statistik penting. Jika Android bisa mengejar iOS pada statistik penting lain seperti jumlah pendapatan app store, maka dominasi Android di industri mobile akan semakin kuat. Tenntunya menarik untuk disimak apakah keunggulan statistik penggunaan web Andorid ini akan terus bertahan atau hanya sementara saja.

 

Sumber: Android Authority.