Beberapa dari Anda barangkali masih ingat masa di mana internet hanya bisa diakses dari perangkat komputer desktop dan jinjing. Sampai kemudian zaman berubah, kini hampir semua perangkat mobile dapat terhubung ke internet tanpa ribet dan bahkan dengan biaya yang jauh lebih murah. Jauh hari sejak era internet tiba, komputer berbasis Windows masih menjadi perangkat yang paling sering digunakan untuk mengakses dunia maya, tapi cerita manis itu berakhir di bulan Maret lalu.

Sebuah laporan dari StatCounter mengungkapkan sebuah data menarik yang menunjukkan berakhirnya kedigdayaan komputer Windows sebagai perangkat paling banyak digunakan untuk mengakses internet. Per Maret 2017 untuk pertama kalinya dalam sejarah, Android berhasil mengambil alih posisi teratas milik Windows dengan angka lalu lintas internet sebesar 39.93% berbanding 37.91%.

os_mar_2012_2017_ww

Pergulatan antar berbagai sistem operasi dimulai pada tahun 2012, di mana saat itu Windows memegang 82% lalu lintas internet di seluruh dunia. Sedangkan Android hanya duduk di angka 2,2% dari seluruh lalu lintas mobile. Waktu berjalan, Android mulai mendapatkan traksi yang menjanjikan berkat agresifnya pertumbuhan pasar mobile dan tablet. Dukungan dari berbagai pabrikan memegang peranan besar dalam pertumbuhan platform milik Google itu.

Aodhan Cullen, CEO StatCounter mengatakan ini adalah titik balik bagi Microsoft dan berakhirnya sebuah era dalam sejarah teknologi. Ini menandai berakhirnya kekuasaan Microsoft di pasar sistem operasi dunia yang sudah bertahan sejak era 80-an. Grafik ini secara gamblang menggambarkan kondisi yang terjadi. Sebagai catatan, statistik ini mencakup semua perangkat mulai dari desktop, tablet, smartphone dan laptop.

Sumber berita StatCounter.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.