23 November 2015

by Bambang Winarso

Update Android 6.0.1 Marshmallow Perlahan Sambangi Perangkat Android One

Sebuah laporan mengatakan bahwa perangkat Android One, Cherry Mobile G1 sudah mencicipi update Android 6.0.1 Marshmallow

Google tampaknya sudah mulai menggulirkan update Android 6.0.1 Marshmallow. Menurut kabar terbaru yang dihembuskan oleh akun @LlabTooFeR, update tersebut diluncurkan untuk perangkat dalam program Android One.

Adapun perangkat program Android One yang dilaporkan mendapat giliran pertama adalah Cherry Mobile G1 yang dipasarkan di Filipina. Sementara untuk model lain dan Android One edisi kedua belum ada laporan ketersediaan update. Hanya saja lebih lanjut dikatakan bahwa update ini tidak membawa banyak perubahan dari segi interface maupun fitur. Melainkan hanya berupa perbaikan bugs dan peningkatan dari sisi stabilitas.

Dalam tweetnya, @LlabTooFeR juga menyertakan sebuah screenshot yang mengindikasikan bahwa update Android 6.0.1 Marshmallow membawa serta tambalan keamanan yang dikeluarkan pada bulan Desember lalu oleh Google untuk sejumlah perangkat Nexus. Sementara di kicauan lainnya, ia mengatakan bahwa Android 6.1 baru akan diluncurkan tahun depan.

Apabila update Android 6.0.1 Marshmallow ini benar sedang dalam perjalanan menuju ke semua perangkat Android One. Maka, ini adalah yang ke sekian setelah pada bulan Oktober lalu perangkat di program yang sama ini juga memperoleh update Android 6.0 Marshmallow lebih dini dari perangkat lainnya.

Tidak mengejutkan memang bila perangkat-perangkat Android One kerap lebih dahulu memperoleh update Android. Ini sudah menjadi komitmen Google untuk memberikan update secara berkala sebagaimana yang dijanjikan, walaupun sebagian orang menilai masih terbilang lamban.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header Shutterstock.