11 December 2014

by Bambang Winarso

Update Android Wear Resmi Diumumkan, Bawa Fitur Baru dan Bisa Berubah Wajah

Google akhirnya resmi mengumumkan update terbaru untuk sistem operasi Android Wear. Sistem operasi yang khusus diperuntukkan bagi wearable device. Sebagaimana diprediksi oleh banyak pihak, update ini membawa perubahan besar. Apa saja? Berikut ulasannya.

Dikutip dari PhoneArena, update Android Wear membawa sejumlah perubahan yang memanjakan pengguna dimana kini perangkat yang sudah membawa versi baru dapat mengetahui aplikasi apa saja yang sering digunakan untuk kemudian ditampilkan.

Kemudian terdapat fitur quick brightness untuk mengatur tingkat pencahayaan perangkat bersama dengan dua mode baru, Theather Mode dan Sunlight Mode. Tak ketinggalan opsi baru guna menampilkan status baterai dan memori perangkat yang lebih mudah digunakan.

 

Info Menarik: Ada Diskon Besar-Besaran di Humble Bundle, Game Orisinil Hanya Dijual US$ 2

 

Bagian gesture juga dioprek oleh Google. Jika sebelumnya men-swipe layar ke bawah akan menampilkan informasi baterai dan tanggal. Sekarang dengan cara yang sama yang muncul adalah panel pengaturan cepat yang terdiri dari pengaturan cahaya dan notifikasi.

Pembaruan besar lain yang dibawa oleh update Android Wear adalah kemampuan perangkat untuk mengubah wajahnya sendiri sehingga tampil dengan bentuk yang berbeda sesuai dengan keinginan penggunanya. Sebagai permulaan, Google sudah menyiapkan lusinan desain wajah yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

 

Info Menarik: Gandeng Lazada, Phablet Spesialis ‘Selfie’ Alcatel Siap Ramaikan Hari Belanja Online Nasional

 

Sementara khusus bagi para developer, Google juga merilis Watch Face API yang memungkinkan mereka untuk berkreasi membuat wajah-wajah baru bagi perangkat Android Wear.

Dengan hadirnya Watch Face API sepertinya pengguna Android Wear akan makin dimanjakan dengan tampilan atau wajah-wajah baru dari para pengembang untuk mempercantik smartwatch mereka.

Terakhir, Google juga memastikan telah menyiapkan versi terbaru Android Wear App yang akan dirilis minggu depan dengan berbagai kemampuan yang lebih baik seperti, menjelajah internet, mengunduh dan fitur mengganti wajah dengan mudah.

Sumber berita Googleblog.