Categories

Mobile

Update Anyar Microsoft Translator Tiba di Android dan iOS

Platform Android dapat fitur dukungan OCR, sedangkan iOS mampu menerjemahkan teks di gambar atau melalui kamera

Bambang Winarso - 19 February 2016

Microsoft baru saja menggulirkan update teranyar untuk aplikasi penerjemahnya, Microsoft Translator. Bagi Anda yang belum familiar dengan Microsoft Translator, ini adalah aplikasi penerjemah yang tersedia untuk sejumlah platform, yakni Android, Android Wear, Apple Watch, iOS, Windows dan Windows Phone. Namun di update ini, Microsoft secara khusus menyasar versi Android dan iOS, dengan sejumlah fitur baru.

Android

Fitur anyar pertama yang dihadirkan ke platform Android adalah fitur paket bahasa yang mengusung teknologi Deep Neural Network offline, di mana kualitas terjemahan yang dihasilkan sama baiknya dengan versi online kendati pengguna tidak terhubung ke internet. Hanya saja, pilihan bahasa yang didukung baru Tiongkok, Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Polandia, Portugal, Spanyol, Rusia dan bahasa Vietnam.

Kedua, Microsoft Translator juga kini makin pintar berkat polesan kecerdasan buatan di seperti yang diadopsi oleh Skype Translator dan Bing Translator. Tapi bukan sekadar cerdas, teknologi ini juga bisa dipergunakan secara offline dengan hasil terjemahan yang mengesankan. Selain fitur OCR, Microsoft juga melakukan berbagai perbaikan bug dan peningkatan performa.

iOS

Bagi pengguna iOS, Microsoft Translator menawarkan beberapa kemampuan baru. Yang pertama, dukungan OCR, kini pengguna iPhone dapat menerjemahkan teks tidak hanya dari ketikan ataupun suara, tapi juga dari kamera ataupun gambar yang disimpan di galeri. Pengguna juga dapat menerjemahkan misalnya marka jalan, pamflet, lampiran email, status jejaring sosial hingga foto yang diunduh dari internet.

Kemampuan baru ini dapat digunakan untuk beberapa jenis bahasa, yakni bahasa Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Polandia, Portugal, Spanyol, Rusia, Belanda, Finlandia, Denmark, Yunani, Hungaria, Jepang, Korea, Norwegia, Swedia dan Turki.

Versi baru Microsoft Translator yang memboyong fitur-fitur di atas dapat dijumpai di lapak masing-masing, di Play Store dan App Store.

Sumber berita MSDN.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter