Categories

Mobile

40 Tambahan Bahasa Baru Mendarat di Gboard Android Bersama Perbaikan Bugs

Gboard kini juga mendukung metode input bahasa Jepang asli non latin

Bambang Winarso - 21 November 2017

Google baru saja meluncurkan Gboard versi terbaru, aplikasi keyboard virtual untuk perangkat berbasis Android. Ada tiga pembaruan yang dihadirkan, antara lain penambahan stiker default, 40 tambahan bahasa baru dan perbaikan bugs sekaligus peningkatan performa.

Salah satu pembaruan besar yang dibawa Gboard adalah dukungan bahasa baru termasuk bahasa asli Jepang (non-latin). Google sendiri sejatinya sejak lama sudah menawarkan metode input berbeda untuk beberapa bahasa lain yang tidak memiliki basis penulisan dalam skrip Latin. Pengguna cukup melakukan penyesuaian dari halaman pengaturan, mengunduh bahasa pilihan masing-masing yang kini tersedia dalam 120 jenis bahasa.

Berikutnya, Gboard kini mempunyai koleksi stiker asli sendiri tanpa harus tergantung pada dukungan Allo. Sebelum versi ini, Gboard “meminjam” beberapa koleksi stiker dari Allo sehingga pengguna harus mengunduh kedua aplikasi agar dapat menggunakan stiker.

Terakhir, pengembang Gboard juga melakukan penambalan bugs dan optimalisasi untuk meningkatkan performa aplikasi.

Google terbilang rajin melakukan pembaruan untuk Gboard pasca berganti nama. Sebelum ini, Google juga merilis beberapa pembaruan antara lain dukungan gambar animasi GIF, voice typing, Google Doodles, dan integrasi untuk Youtube dan Google Maps yang secara khusus dihadirkan untuk perangkat iOS.

Untuk mencoba apa yang ditawarkan oleh Gboard, Anda bisa mengunduh aplikasi langsung dari Play Store.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header 9to5Google.

Application Information Will Show Up Here

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter