23 April 2015

by Glenn Kaonang

Update Aplikasi Microsoft Health Hadirkan Kemampuan Memonitor Aktivitas Tanpa Bantuan Fitness Tracker

Mendekati akhir tahun lalu, Microsoft melangkah masuk ke kompetisi perangkat wearable dengan Microsoft Band. Bersamaan dengan itu, layanan cloudMicrosoft Health pun diluncurkan, dan istimewanya, layanan ini dirancang agar kompatibel dengan platform kompetitor seperti Android dan iOS.

Sebagai pemain baru di kancah ini, Microsoft tidak kehabisan akal guna menggaet pengguna masuk ke dalam ekosistemnya. Dalam beberapa minggu ke depan, mereka akan merilis update aplikasi Microsoft Health dengan penyempurnaan yang cukup krusial.

Pengguna Microsoft Health ke depannya dapat memonitor langkah yang mereka jejakkan dan jumlah kalori yang terbakar tanpa harus mengandalkan perangkat Microsoft Band atau fitness tracker lainnya. Microsoft Health akan memanfaatkan berbagai sensor yang tertanam di dalam smartphone untuk mengukur data metrik sederhana ini. Penggunga cukup mengunduh aplikasi Microsoft Health di smartphone mereka.

Meneruskan konsep open-nya terhadap platform kompetitor, kemampuan memonitor aktivitas tanpa bantuan fitness tracker ini juga bisa didapatkan oleh pengguna perangkat Android dan iOS yang kompatibel. Pengguna Android hanya perlu mengunduh aplikasi Microsoft Health pada perangkat dengan OS Android 4.4+ dan dukungan atas Step Counter API, sedangkan pengguna iOS pada iPhone 5S atau di atasnya.

Info menarik: Tak Lama Setelah Diumumkan, Microsoft Band Langsung Terjual Habis

Microsoft juga akan memperkenalkan cara baru untuk memonitor aktivitas kita viaweb browser. Mulai tanggal 27 April mendatang, pengguna bisa mengakses berbagai informasi melalui Microsoft Health Web Dashboard.

Ada lima fitur utama dari Web Dashboard ini. Pertama, Comparative Insights akan menampilkan komparasi data metrik kesehatan pengguna dan pengguna lainnya berdasarkan tinggi dan berat badan.

Kedua, Sleep Recovery memungkinkan pengguna Microsoft Band untuk menganalisa efisiensi kegiatan tidur mereka. Sedangkan Fitness Benefit akan menampilkan riwayat data aktivitas berolahraga sehingga pengguna bisa memonitor progress-nya dengan mudah.

Web Dashboard juga akan menampilkan info VO2 Max. VO2 Max merujuk pada volume oksigen maksimum yang digunakan tubuh saat berolahraga. Terakhir, Run/Exercise Observations akan menampilkan analisis mendalam terkait kapan saja dalam jangka waktu seminggu Anda berlatih paling maksimal.

Update untuk Microsoft Health dan Microsoft Band ini akan segera dirilis dalam beberapa minggu ke depan. OS yang dibutuhkan:

  • iOS: iPhone 5s atau yang lebih baru
  • Android: Android 4.4+ dengan dukungan Step Counter API
  • Windows Phone: perangkat Lumia dengan Sensor Core V1+ dan Cyan FW

Sumber: Lumia Conversations via Engadget.