25 April 2017

by Bambang Winarso

Berkas di OneDrive Kini Bisa Diakses Tanpa Internet Melalui Android

Fitur baru ini hanya dihadirkan untuk pelanggan Office 365 Personal, Home dan Solo

Aplikasi Microsoft OneDrive untuk Android memungkinkan pengguna untuk mengunggah, membuka dan membagikan dokumen, foto atau berkas lain dari smartphone, membantu pengguna tetap produktif saat sedang bepergian. Di samping fitur-fitur utamanya itu, OneDrive juga menyediakan tool penandaan foto otomatis, notifikasi, berbagi foto atau album dan banyak lagi lainnya.

Cukup? Ternyata tidak. Dalam pembaruan OneDrive untuk Android 4.12, aplikasi penyimpanan berbasis cloud tersebut kembali memperoleh fitur paling ditunggu yang memungkinkan pengguna mengunduh, menyimpan dan membuka seluruh folder secara offline alias tanpa koneksi internet. Dengan hadirnya fitur ini, setelah folder diunduh, berkas di dalamnya akan dapat diakses dan bahkan dibuka saat pengguna bepergian ke wilayah yang tidak mempunyai jaringan internet. Dengan ini, produktivitas pengguna akan tetap terjaga di situasi apapun dan di manapun.

Hanya saja, fitur ini tidak dapat digunakan oleh semua pengguna. Hanya pengguna yang berlangganan Office 365 Personal, Home atau Solo yang bisa menikmatinya. Selain menghadirkan fitur akses offline, Microsoft juga melakukan sedikit perubahan antar muka mode Discovery guna memudahkan pengguna memperoleh akses ke feed dari konten yang paling relevan dari lintas platform.

Terakhir, OneDrive untuk Android terbaru juga menghadirkan fitur baru untuk menarik dan meletakkan lebih dari satu item. Pembaruan ini sudah dapat dijumpai di Google Play Store, silahkan update sekarang dari perangkat Anda.

Sumber berita MPU.