Categories

Mobile

Apple Music untuk Android Dapatkan Fitur yang Tak Dimiliki iOS

Apple Music untuk Android kini mendukung kartu SD dan jadwal penuh radio Beats 1

Bambang Winarso - 4 February 2016

Jika sobat adalah pengguna Android dan bisa berlangganan Apple Music, sobat patut berbangga hati sekarang. Apa sebab? Pasalnya, Apple baru saja menggulirkan update terbaru yang memperkaya aplikasi Apple Music untuk Android dengan fitur yang tidak dipunyai pengguna Apple, yakni dukungan untuk kartu SD. Dengan datangnya dukungan ini, maka pengguna Android kini dapat menyimpan daftar lagu secara offline ke kartu SD ketimbang memori internal smartphone. Sehinga bisa menghemat ruang simpan di memori perangkat untuk keperluan lainnya.

Bagi pengguna Apple, kelemahan dukungan di atas telah sekian lama menjadi isu yang cukup serius. Terutama mereka yang memiliki perangkat dengan kapasitas memori internal yang minimalis. Kita tahu, setelah pemasangan sistem operasi, perangkat dengan kapasitas hanya 16GB misalnya tidak menyisakan banyak ruang simpan untuk berkas-berkas lainnya. Padahal ada banyak jenis berkas yang harus disimpan, antara lain foto, video, dokumen, aplikasi, game dan termasuk lagu-lagu favorit. Solusi termudah dan tercepat adalah membeli iPhone baru dengan kapasitas yang lebih lega. Sayangnya, cara ini tidaklah murah.

Sementara pengguna Android yang juga relatif “tergantung” pada dukungan kartu SD punya ruang gerak yang lebih leluasa. Terlebih dengan dukungan terbaru ini, mereka punya alternatif penyimpanan di kartu SD jika memori internal sudah mulai sesak.

Hal lain yang bisa dilakukan oleh pengguna Apple Music untuk Android sekarang adalah memeriksa jadwal program radio di Beats 1 secara penuh dan menyortir lagu berdasarkan komposer dan juga kompilasi.

Apple Music resmi mendarat di Android pada bulan November tahun lalu. Dalam debutnya itu, Apple menawarkan free trial selama 3 bulan. Setelah 3 bulan dan masa freetrial-nya habis, barulah pengguna akan ditagih biaya berlangganan sebesar Rp 69 ribu per bulan, atau Rp 109 ribu per bulan untuk opsi Family Plan yang terdiri dari 6 orang sekaligus. Namun tiga bulan setelah debutnya di Play Store, pengguna Android tampaknya tak begitu senang dengan aplikasi ini. Dari pantauan Dailysocial, rating yang diberikan sangat menyedihkan, hanya 3 dari 5 bintang. Angka unduhannya sendiri antara 1 juta sampai dengan 5 juta unduhan. Melalui update inilah Apple tampaknya berupaya mengubah pandangan tersebut.

Sumber berita Phandroid.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter