Categories

Mobile

Update Baru Google Drive Jadi Persembahan Terakhir untuk Android 4.0 ICS

Ke depan, Android 4.0 ICS tidak akan memperoleh pembaruan

Bambang Winarso - 25 August 2016

Google baru saja merilis versi terbaru aplikasi penyimpanan terintegrasinya, Drive untuk perangkat Android. Secara umum Google Drive terbaru membawa kabar gembira dengan hadirnya sejumlah peningkatan. Tapi, tidak bagi pengguna Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS).

Dikutip dari PhoneArena, change-log dari update terbaru menyatakan bahwa ini akan jadi pembaruan terakhir bagi mereka. Artinya, ke depan tidak akan ada lagi fitur atau peningkatan baru yang dilepas untuk Android 4.0 ICS.

Google sendiri tidak memberikan alasan yang jelas atas keputusannya itu, namun besar kemungkinan kebijakan ini dilatar-belakangi pangsa pasar Android 4.0 ICS yang hanya sebesar 1.6% dari total pengguna Android. Berkaca pada rendahnya persentase tersebut, tak heran bila Google mengkesampingkan OS Android yang sudah berusia empat tahun tersebut.

Kendati menjadi persembahan terakhir untuk Android 4.0 ICS, Google Drive menghadirkan sejumlah fitur yang cukup bermanfaat untuk memperkaya fitur yang sudah lebih dulu ada di dalam aplikasi.

Tambahan paling menggembirakan adalah hadirnya jalan pintas widget yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berkas dan folder langsung dari layar home. Widget ini dapat ditambahkan secara manual melalui pengaturan masing-masing launcher.

Pembahan lainnya, kini Google drive juga menampilkan panel kuota ruang simpan yang menginformasikan berapa kapasitas penyimpanan yang masih dapat dipergunakan. Panel yang sama juga dapat digunakan untuk membeli paket bulanan jika pengguna membutuhkan tambahan ruang simpan. Terakhir, Google Drive juga membawa peningkatan performa dan perbaikan bugs.

Sumber berita PhoneArena gambar header ilustrasi GoogleApps.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter