26 February 2016

by Bambang Winarso

Update Baru Telegram Singgahi Android dan iOS

Mayoritas update ditujukan untuk menyegarkan Telegram channel

Sukses mencetak rekor baru, semangat pengembang Telegram tampaknya kian terpecut untuk terus menghadirkan inovasi bagi penggunanya. Hanya beberapa hari setelahnya, Telegram resmi merilis fitur terbaru untuk platform Android dan iOS.

Di antara sejumlah fitur baru yang dihadirkan oleh Telegram, sebagian besar diperuntukkan bagi channels yang menurut klaim Telegram mendapatkan 400 juta view setiap harinya.

Fitur yang pertama adalah Link to Post yang disematkan dalam opsi Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna menyalin pesan individu di dalam channel dan mengirimkannya ke teman di luar telegram atau membagikannya ke jejaring sosial lainnya.

Yang kedua, fitur Silent Messages yang difungsikan untuk mengirim pesan tanpa mengganggu pengguna akibat notifikasi yang ditimbulkan. Penggunaan fitur ini diutamakan untuk jenis pesan yang tak bersifat penting.

Berikutnya Telegram juga memberikan kuasa penuh bagi pengirim pesan untuk melakukan perbaikan jika pesan yang dikirim ke channel ternyata salah ketik atau kurang lengkap. Selain channel, fitur ini juga dapat diterapkan dengan supergroup.

Terus berlanjut, Telegram juga memberikan kemudahan untuk membagikan tautan, video dan foto yang dikirimkan oleh bots. Terakhir, Telegram versi baru bakal menawarkan preview dan saran stiker ketika pengguna mengetikkan karakter emoji atau mengaktifkan tombol Add stikers.

Versi terbaru Telegram untuk Android dapat diunduh di Play Store dan untuk iOS dapat dijumpai di App Store.

Sumber berita TelegramΒ dan gambar header Shutterstock.