Categories

Mobile

OPPO Akan Segera Merilis Update Beta ColorOS yang Sudah Berbasis Android 11

Bakal tersedia untuk Find X2 dan Find X2 Pro

Glenn Kaonang - 11 June 2020

Google resmi merilis versi beta dari Android 11. Seperti biasa, yang kebagian jatah tentu saja cuma lini Google Pixel saja, tapi ini tidak mengejutkan mengingat hampir semua pabrikan smartphone Android punya sistem operasinya sendiri-sendiri yang telah dimodifikasi.

Yang cukup mengejutkan menurut saya adalah statement dari OPPO. Mereka mengumumkan bahwa update ColorOS versi beta yang menggunakan Android 11 sebagai basisnya juga akan dirilis bulan ini.

“ColorOS akan menjadi salah satu sistem operasi mitra pertama yang menghadirkan update Android 11 beta tersebut, yang nantinya akan tersedia di OPPO Find X2 dan Find X2 Pro,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, dalam siaran pers yang kami terima.

Sebelum ini, perilisan versi baru Android umumnya hanya bisa membakar semangat para pengguna lini Pixel saja, sebab pabrikan lain selalu lama dalam mengimplementasikan update-nya. Namun gerak cepat OPPO kali ini semestinya bisa menjadi indikasi kalau ke depannya anggapan tersebut bakal berubah.

Sebagai versi terbaru, Android 11 tentu menghadirkan banyak pembaruan. Namun berhubung Android sendiri sudah terbilang sangat dewasa, sepintas pembaruannya di Android 11 mungkin tidak terkesan signifikan; sebagian merupakan penyempurnaan dari fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya.

Satu aspek yang selalu disempurnakan dari versi ke versi adalah notifikasi. Dalam Android 11, aplikasi chatting bakal mendapatkan porsi notifikasinya sendiri di paling atas, tepat di bawah tombol-tombol Quick Settings. Lebih lanjut, pengguna juga dapat langsung melanjutkan percakapan dari notifikasi tersebut, atau dengan menariknya ke bawah menjadi semacam chat bubble yang bisa dibuka-tutup di atas aplikasi apa pun (mirip fitur Chat Heads milik Facebook Messenger).

Belum diketahui bagaimana pembaruan-pembaruan seperti ini bakal diadaptasikan ke ColorOS, namun yang pasti, beberapa fitur anyar Android 11 sendiri sebenarnya sudah tersedia di ColorOS.

Fitur screenshot satu halaman panjang misalnya, sudah bisa konsumen nikmati pada perangkat yang menjalankan ColorOS 7. Demikian pula untuk fitur screen recording, yang pada ColorOS 7.1 dapat merekam tampilan layar lengkap bersama audionya.

Android 11 memang masih berstatus beta, dan ke depannya pasti ada fitur-fitur yang dihapus atau ditambahkan. ColorOS pun juga begitu, dan sekarang kita bisa mengikuti perkembangannya tanpa harus menunggu lama.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter