Categories

Mobile

Update Gboard untuk iPhone Hadirkan Fitur Voice Typing dan Google Doodles

Entah kenapa, lagi-lagi Google malah mengistimewakan versi iOS ketimbang Android-nya

Glenn Kaonang - 24 February 2017

Gboard, terlepas dari fitur-fitur yang ditawarkannya, merupakan aplikasi keyboard yang cukup kontroversial. Bagaimana tidak, ia dikembangkan oleh Google, tapi Google malah merilisnya lebih dulu di iOS ketimbang Android. Dan kini, update terbarunya juga lebih dulu datang untuk versi iOS-nya.

Entah apa yang menjadi dasar keputusan Google, tapi yang pasti update ini menghadirkan sejumlah fitur yang cukup menarik. Yang paling utama adalah voice typing atau dictation, dimana pengguna dapat menyentuh dan menahan tombol space bar, lalu mendiktekan apa yang hendak ditulisnya. Kehadiran fitur ini sejatinya bisa menempatkan Gboard di level yang sama dengan aplikasi keyboard lain.

Dukungan bahasa juga ikut bertambah. Kini ada 15 bahasa baru yang didukung Gboard, namun sayang sekali Indonesia masih belum termasuk – yang berarti fitur dictation tadi masih belum bisa dipakai apabila kita mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Selagi menunggu, mungkin pengguna Gboard di tanah air bisa lebih sering memanfaatkan emoji, apalagi mengingat Gboard kini telah mendukung semua emoji baru yang datang bersama iOS 10.

Tampilan Google Doodles pada Gboard / Google

Fitur terakhir dan yang tak kalah menarik adalah dukungan Google Doodles. Jadi di hari-hari ketika ada Doodle, icon Google yang berada di atas keyboard akan beranimasi sebagai pertanda. Sentuh tombol tersebut, maka Doodle hari itu akan langsung muncul dan Anda bisa mencari tahu mengenainya lebih lanjut.

Fitur-fitur ini sudah bisa Anda nikmati pada Gboard versi 1.3.0, tapi sayang masih belum ada informasi kapan versi Android-nya juga akan menerima jatah yang sama.

Sumber: Google Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter