Pada awalnya, Google mungkin hanya berfungsi untuk membantu kita menemukan apa yang hendak kita cari, atau menjawab berbagai pertanyaan kita. Namun seiring berjalannya waktu, Google juga menambahkan fitur-fitur lain seperti pencarian terkait maupun pertanyaan terkait dari pengguna lain.

Istilah “Mbah Google” yang kita sematkan pun jadi semakin sulit untuk dipisahkan. Google yang eksis sekarang bukan sebatas search engine lagi, tapi juga discovery engine. Ibarat sedang bertualang dan menemukan banyak hal yang tidak kita duga, kita juga menemukan banyak informasi di Google yang sebelumnya tidak terpikir untuk kita telusuri.

Tentu saja Google belum mau berhenti.Baru-baru ini mereka menambahkan tiga pembaruan ke Search, yakni Featured Snippets yang lebih komplet, Knowledge Panels yang lebih fungsional, dan rekomendasi konten berdasarkan topik tertentu yang kita cari.

Featured Snippets umumnya muncul di bagian paling atas hasil pencarian, yang dipilih dari jagat internet menggunakan algoritma. Ke depannya Featured Snippets bakal dilengkapi dengan lebih banyak gambar, serta sejumlah pencarian terkait untuk membantu pengguna mempelajari suatu topik lebih jauh.

Google Search update

Pembaruan terhadap Knowledge Panels memungkinkan Search untuk menyuguhkan konten yang berkaitan dengan hasil pencarian. Semisal kita sedang menyimak Knowledge Panel mengenai ski, kita juga bakal melihat pencarian atas olahraga terkait seperti snowboarding langsung di dalam hasil pencarian.

Terakhir, saat kita sedang mencari mengenai suatu topik – seperti misalnya atlet yang bakal bersinar di Piala Dunia tahun depan – dan kita mencatumkan kata kunci “Neymar” lalu diikuti oleh “Messi”, Search bakal menyajikan rekomendasi bintang sepak bola lainnya sehingga pencarian kita tidak terhenti di duo striker berbakat tersebut.

Sumber: Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.